DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MADRASAH TSANAWIYAH / MTs PROGRAM SEMESTER ( SKI )
DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM
SEMESTER
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran :
20... /20...
Kelas : Tujuh (VII)
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. Memahami
sejarah kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari
sejarah kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai
rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan
masyarakat |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW
sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan
kemajuan masyarakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.1.
Mendeskripsikan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi
dan perdagangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.2.
Mengambil
ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan
ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3.
Meneladani
semangat perjuangan Nabi dan para Sahabat di Madinah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………, ……………, 20…….
Kepala
MTs Guru
Mata Pelajaran
…………………………..
……………………………
NIP. NIP.
DELAPAN PERANGKAT
PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM
SEMESTER
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran :
20... /20...
Kelas : Tujuh (VII)
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
4. Memahami
sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.1. Menceritakan berbagai prestasi yang
dicapai oleh Khulafaurrasyidin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang
dicapai oleh Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi
sekarang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3. Meneladani
gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani
Umaiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.1.
Menceritakan
sejarah berdirinya daulah Amawiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.2.
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Bani Umaiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.3.
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya
dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.4. Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang
akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.5. Meneladani
kesederhanaan dan keshalehan Umar bin |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………, ……………, 20…….
Kepala
MTs Guru Mapel SKI
…………………………..
……………………………
NIP. NIP.
DELAPAN PERANGKAT
PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran :
20... /20...
Kelas : VIII
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1.
Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4. Mengambil ibrah dari perkembangan
kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Abbasiyah untuk masa kini dan yang
akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.5. Meneladani
Ketekunan dan kegigihan Bani Abbasiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………, ……………, 20…….
Kepala MTs
Guru Mata Pelajaran
…………………………..
……………………………
NIP. NIP.
DELAPAN PERANGKAT
PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran :
20... /20...
Kelas : VIII
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
2.
Memahami perkembangan Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menceritakan
sejarah berdirinya Dinasti al-Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban
Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.3.
Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya
dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al Ayyubiyah |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.4.
Mengambil
ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Dinasti Al
Ayyubiyah untuk masa kini dan yang akan datang |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.5.
Meneladani sikap keperwiraan shalahuddin Al Ayyubi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………, ……………,
20…….
Kepala
MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………..
……………………………
NIP. NIP.
PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ;
Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran :
20... /20...
Kelas : IX
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1.
Memahami perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.1. Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara
melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.2. Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di
Jawa, Sumatera dan Sulawesi |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.3. Mengidentifikasi para tokoh dan perannya dalam perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.4. Meneladani
semangat para tokoh yang berperan dalam perkembangan Islam di Indonesia |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………, ……………,
20…….
Kepala
MTs Guru Mata Pelajaran
…………………………..
……………………………
NIP. NIP.
PERANGKAT PEMBELAJARAN
MADRASAH TSANAWIYAH / MTs
PROGRAM SEMESTER
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ;
Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran :
20... /20...
Kelas : IX
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
B U L A N |
|||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
juni
|
||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
1 |
2 |
3 |
4 |
||
2.
Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1.
Menceritakan
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.2.
Memberikan
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
………, ……………,
20…….
Kepala
MTs
Guru Mata Pelajaran
…………………………..
……………………………
NIP. NIP.
0 Response to "DELAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MADRASAH TSANAWIYAH / MTs PROGRAM SEMESTER ( SKI )"
Posting Komentar