SILABUS PEMBELAJARAN: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
SILABUS PEMBELAJARAN:
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Satuan
Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah Mata
Pelajaran: Sejarah Kebudayaan Islam Kelas : VII
(tujuh) Ganjil
Kompetensi Inti :
(K1) |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
(K2) |
: |
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
(K3) |
: |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
(K4) |
: |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
semua dalam sudut pandang/teori. |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1
Meyakini
bahwa Nabi Muhammad Saw. adalah utusan Allah Swt. untuk membangun umat. 1.2
Meyakini misi dakwah Nabi
Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat 1.3
Meyakini kebenaran risalah Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah di Mekah dan Medinah 1.4 Menghayati nilai-nilai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah |
|
|
|
Observasi Kegiatan ini
dilakukan dengan cara
merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian. Penilain diri: Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan
keyakinan. Penilaian Sejawat: Guru menyiapkan
pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan Jurnal-catatan Anecdot : Rekam jejak anak dalam
kegiatan sehari-hari |
|
|
2.1.
Membiasakan sikap mandiri sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
sejarah
Nabi Muhammad Saw. dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan 2.2.
Membiasakan perilaku kasih dan sayang terhadap sesama sebagai
implementasi terhadap misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam
semesta. 2.3.
Meneladani
sikap istikamah seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. dalam
berdakwah. 2.4.
Memiliki sikap peduli terhadap kegiatan dakwah di masyarakat sebagai
implementasi dari pemahaman mengenai strategi
dakwah Nabi Muhammad Saw. |
|
|
|
Observasi Kegiatan ini
dilakukan dengan cara
merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian. Penilain diri: Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan
keyakinan. Penilaian Sejawat: Guru menyiapkan
pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan Jurnal-catatan Anecdot : Rekam jejak anak dalam
kegiatan sehari-hari |
|
|
3.1 Memahami sejarah
Nabi Muhammad Saw. dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan 4.1.Menceritakan sejarah Nabi
Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan |
3.1.1
Menjelaskan peta wilayah Jazirah Arab 3.1.2
Menjelaskan kondisi kepercayaan masyarakat Mekah sebelum
mengenal Islam 3.1.3
Mengindentifikasi kondisi
sosial masyarakat Medinah sebelum mengenal Islam 3.1.4
Menganalisis prioritas dakwah Nabi saw di Mekah dan Madinah 3.1.5 Menyimpulkan usaha
Nabi Muhammad dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi 4.1.1 Menceritakan sejarah perjuangan Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan |
Sejarah Nabi
Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui
kegiatan ekonomi dan perdagangan |
• Mengamati -
Menyimak
penjelasan guru tentang Dakwah Nabi Muhammad SAW. -
Mengamati
gambar peta wilayah Jazirah Arab
periode Nabi Muhammad SAW. -
Mengamati film berkaitan dengan
Dakwah Nabi Muhammad SAW • Menanya -
Memberikan tanggapan/ respon terhadap penjelasan guru tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW -
Mengajukan pertanyaan terkait
gambar
peta wilayah Jazirah Arab periode Nabi
Muhammad SAW dan film tentang dakwah Nabi Muhammad .Saw. • Mengeksplorasi -
Mendiskusikan
tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah -
Mendiskusikan
tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW.
Periode Medinah •
Mengasosiasi -
Merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan
misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah, Medinah dan usaha Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan. • Mengkomunikasikan: -
Mempresentasikan
hasil diskusinya
di depan kelas sesuai dengan tema
masing-masing |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan dalam
diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan •
|
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
3.2 Memahami misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat 4.2. Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat |
3.2.1.
Menjelaskan prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekkah 3.2.2.
Mengidentifikasi
prioritas dakwah Nabi Muhammad Saw. Medinah 3.2.3.
Menganalisis bentuk-bentuk
perjanjian yang pernah dilakukan Nabi saw di Mekkah dan Medinah 3.2.4.
Mengevaaluasi tujuan dan
manfaat dibentuknya perjanjian oleh
Nabi saw di Mekkah dan Medinah 3.2.5.Menyimpulkan
misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam
semesta, 4.2.1. Mempresentasikan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa
kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat |
Misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan,
dan kemajuan masyarakat |
• Mengamati -
Menyimak penjelasan guru tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW -
Mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Islam
periode Nabi Muhammad SAW • Menanya -
Memberikan
tanggapan/ respon terhadap penjelasan
guru tentang misi dakwah Nabi Muhammad SAW • Mengeksplorasi -
Mendiskusikan tentang misi dakwah Nabi Muhammad
SAW. Periode Mekkah dan Medinah -
Mendiskusikan misi Nabi
Muhammad dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan •
Mengasosiasi -
Membuat rumusan hasil diskusi
dan penggaliannya berkaitan dengan misi dakwah Nabi Muhammad SAW. Periode Mekkah,
Medinah dan usaha Nabi Muhammad dalam membangun masyarakat
melalui kegiatan ekonomi dan
perdagangan -
Membuat peta konsep
atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya
masing-masing • Mengkomunikasikan: -
Mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema
masing-masing |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan dalam diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
3.3 Memahami strategi dakwah Nabi
Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah 4.3. Membuat peta konsep mengenai strategi dakwah Nabi
Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah |
3.3.1. Menjelaskan keadaan masyarakat kota Mekkah sebelum
Islam datang 3.3.2Mengidentifikasi keadaan
masyarakat kota Medinah sebelum Islam datang 3.2.3. Menganalisis strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah 3.2.4. Membandingkan perbedaan cara dakwah Nabi Muhammad di Mekkah dengan Medinah 3.2.5. Menyimpulkan
strategi dakwah Nabi Muhammad Saw 4.3.1Menyusun peta
konsep mengenai strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di
Mekah dan Medinah |
Strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah |
• Mengamati: - Mencermati
bacaan teks tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah - Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya. • Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya) : -
Mengapa Allah memerintahkan dakwah secara sembunyi sembunyi dan terang terangan -
Apa yang harus dilakukan oleh umat Islam terkait dengan metode dakwah tersebut • Mengeksplorasi -
Peserta didik mendiskusikan strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah - Guru mengamati
perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman,
tawakal dan perilaku adil melalui lembar pengamatan di sekolah. -
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah. •
Mengasosiasi Menyusun kesimpulan materi pembelajaran. • Mengkomunikasikan Mempresentasikan/
menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas. |
• Tugas •
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah • Observasi - Mengamati gambar, berita, artikel tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di
Mekkah dan Medinah melalui lembar pengamatan. - Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § isi diskusi § sikap yang ditunjukkan saat pelaksanaan
diskusi dan kerja kelompok • Portofolio -
Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah
dan Medinah • Tes tulis -
Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang gambar, berita, artikel strategi dakwah Nabi Muhammad saw di
Mekkah dan Medinah • Tes lisan -
Menjelaskan
hasil pengamatan tentang strategi dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
3.4 Menganalisis pola dakwah Nabi Muhammad di Mekah dan Medinah 4.4 Memaparkan strategi
dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah dalam
bentuk tulis atau lisan. |
3.4.1
Menjelaskan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah 3.4.2
Mengidentifikasi prioritas dakwah Nabi Muhammad saw periode Medinah 3.4.3
Menganalisis bentuk-bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan
yang dihadapi Nabi Muhammad dalam berdakwah 3.4.4
Membandingkan cara dakwah Nabi Muhammad saw periode Mekkah dan Medinah 3.4.5
Menyimpulkan pola dakwah Nabi Muhammad 4.4.1 Mempresentasikan strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. dalam
berdakwah di Mekkah dan Medinah |
Pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah
dan Medinah Strategi dakwah Nabi Muhammad Saw. di Mekah dan Medinah |
• Mengamati -
Mencermati bacaan teks tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah - Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan video atau media lainnya. • Menanya • (memberi stimulus
agar peserta didik bertanya) -
Mengapa
kita harus mencotoh perjuangan dakwah
Nabi Muhammad saw? -
Apa yang harus dilakukan oleh orang yang melakukan dakwah Islam? • Mengeksplorasi -
Peserta didik mendiskusikan makna dan contoh perjuangan dakwah Nabi Muhammad saw. -
Guru mengamati perilaku siswa melalui lembar pengamatan di sekolah. -
Guru berkolaborasi dengan orang tua untuk
mengamati perilaku siswa di rumah. •
Mengasosiasi Membuat
kesimpulan tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah • Mengkomunikasikan Mempresentasikan/menyampaikan
hasil diskusi tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah |
• Tugas • Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di
Mekkah dan Medinah • Observasi - Peserta didik
melakukan pengamatan terhadap perilaku
dakwah di melalui lembar
pengamatan di lingkungan masyarakat sekitarnya, misalnya; lingkungan sekolah,
rumah maupun masyarakat. • Portofolio -
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di
Mekkah dan Medinah -
Membuat paparan analisis
tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di Mekkah dan Medinah. • Tes tulis - Tes kemampuan
kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di
Mekkah dan Medinah •
Tes lisan -
Memaparkan hasil pengamatan tentang pola dakwah Nabi Muhammad saw di
Mekkah dan Medinah |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
DRAF SILABUS SKI KLS 7 SMT 2
Satuan Pendidikan :
Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran :
Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas :
VII (tujuh) Genap
Kompetensi Inti :
(K1) |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya |
(K2) |
: |
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
(K3) |
: |
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
(K4) |
: |
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua
dalam sudut pandang/teori. |
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1.
Meyakini bahwa setiap muslim memiliki kewajiban berdakwah seperti yang
dilakukan oleh Khulafaur Rasyidin 1.2.
Menghayati nilai-nilai positif yang dicontohkan oleh khalifah-khalifah
pada masa dinasti bani Umayah. 1.3.
Meyakini bahwa bahwa ilmu adalah hal penting dalam upaya memajukan
kebudayaan dan peradaban umat. 1.4.
Menghayati nilai-nilai mulia yang dicontohkan oleh Khalifah Umar bin
Abdul Aziz |
|
|
|
Observasi Kegiatan ini
dilakukan dengan cara
merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian. Penilain diri: Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan
keyakinan. Penilaian Sejawat: Guru menyiapkan
pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan Jurnal-catatan Anecdot : Rekam jejak anak dalam
kegiatan sehari-hari |
|
|
2.1.
Menunjukkan
perilaku istikamah sebagai implementasi dari pemahaman mengenai kepemimpinan Khulafaur
Rasyidin 2.2.
Memiliki
sikap dinamis sebagai implementasi dari pemahaman mengenai perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah 2.3.
Memiliki
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi dari pemahaman mengenai
peran ilmuwan
muslim dalam memajukan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah. 2.4.
Menunjukkan
perilaku sederhana sebagai implementasi dari pemahaman mengenai sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis |
|
|
|
Observasi Kegiatan ini
dilakukan dengan cara
merumuskan pernyataan yang ada hubungannya dengan materi ajar, yang disertai dengan rubrik penilaian. Penilain diri: Guru menyiapkan
pernyataan untuk dijawab siswa dengan cara memilih menurut pemahaman dan
keyakinan. Penilaian Sejawat: Guru menyiapkan
pernyataan untuk diisi siswa dengan cara memilih yang sesuai dengan keadaan Jurnal-catatan Anecdot : Rekam jejak anak dalam
kegiatan sehari-hari |
|
|
3.1. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin 4.1. Menceritakan
kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin |
3.1.1. Menjelaskan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Abu Bakar
Ash Shiddiq RA 3.1.2. Mengidentifikasi berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Umar bin
Khattab RA 3.1.3. Menganalisis berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Utsman bin
Affan RA 3.1.4. Mendiskripsikan berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Ali bin Abi
Thalib RA 3.1.5. Menyimpulkan hikmah kemajuan ummat
Islam pada masa Khulafaur Rasyidin 4.1.1. Menceritakan kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin |
Kemajuan yang dicapai Khulafaur
Rasyidin |
• Mengamati -
Menyimak
penjelasan guru tentang berbagai kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa
khulafaurrasyidin • Mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Islam pada periode khulafaurrasyidin
• Menanya -
Memberikan
tanggapan/ respon terhadap penjelasan
guru tentang kemajuan
yang dicapai umat Islam pada masa
khulafaurrasyidin • Mengeksplorasi -
Mendiskusikan tentang kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa khulafaurrasyidin -
Mendiskusikan kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa khulafaurrasyidin dalam membangun
kebudayaan/ peradaban Islam •
Mengasosiasi -
Membuat rumusan hasil diskusi
dan penggaliannya berkaitan dengan kemajuan
yang dicapai Khulafaur Rasyidin -
Membuat peta
konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya
masing-masing • Mengkomunikasikan: -
Mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema
masing-masing |
• Tugas · Mengidentifikasi 10 bentuk kemajuan yang telah diraih oleh Khulafaur Rasyidin • Observasi • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat: 1. isi diskusi (risalah dakwah Nabi Muhammad saw) 2. sikap yang
ditunjukkan peserta didik terkait dengan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun dan percaya diri. • Portofolio •
Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin •
Membuat paparan analisis
dan identifikasi kemajuan yang dicapai umat
Islam pada masa Khulafaur
Rasyidin • Tes tulis •
menulis kisah para
khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin •
Menjawab soal-soal tentang kemajuan yang dicapai umat Khulafaur
Rasyidin • Tes lisan Menceritakan
kisah para khalifah pada periode Khulafaur Rasyidin |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
3.2. Memahami
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah 4.2. Membuat peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan dan
peradaban pada masa dinasti bani Umayyah. |
3.2.1. Menjelaskan
perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti
bani Umayyah di bidang sosial budaya 3.2.2. Mengidentifikasi perkembangan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah
di bidang
politik militer 3.2.3. Menganalisis perkembangan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah
di bidang
ilmu pengetahuan 3.2.4. Membandingkan kemajuan yang telah dicapai khalifah Al Walid bin Abdul
Malik dengan Umar bin Abdul Aziz 3.2.5. Menyimpulkan perkembangan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti bani Umayyah 4.2.1 Menyusun peta konsep mengenai kemajuan kebudayaan
dan peradaban pada masa dinasti bani Umayyah. |
Perkembangan
kebudayaan/ peradaban Islam pada masa dinasti bani Umayyah |
• Mengamati
• Mengamati gambar peta wilayah kekuasaan Islam pada pada masa dinasti bani Umayyah • Menanya -
Memberikan
tanggapan/ respon terhadap penjelasan
guru tentang kemajuan
yang dicapai umat Islam pada masa khulafaurrasyidin • Mengeksplorasi -
Mendiskusikan tentang kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa khulafaurrasyidin -
Mendiskusikan kemajuan yang dicapai umat Islam pada masa khulafaurrasyidin dalam membangun
kebudayaan/ peradaban Islam •
Mengasosiasi -
Membuat rumusan hasil diskusi
dan penggaliannya berkaitan dengan kemajuan
yang dicapai khalifah
dinasti bani Umayyah
yang terkenal -
Membuat peta
konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya
masing-masing • Mengkomunikasikan: -
Mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema
masing-masing |
• Tugas · Mengidentifikasi bentuk kemajuan
kebudayaan/ peradaban Islam yang telah
diraih oleh dinasti bani Umayyah • Observasi • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat: 1.
isi diskusi tentang kemajuan kebudayaan/ peradaban
Islam yang telah diraih oleh dinasti bani Umayyah 2.
sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait
dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun dan percaya diri. • Portofolio •
Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang kemajuan
kebudayaan/ peradaban Islam yang telah
diraih oleh dinasti bani Umayyah •
Membuat paparan analisis
dan identifikasi kemajuan kebudayaan/ peradaban
Islam yang telah diraih oleh dinasti bani Umayyah • Tes tulis •
menulis kisah para
khalifah
dinasti bani Umayyah
yang terkenal •
Menjawab soal-soal tentang kemajuan yang dicapai khalifah dinasti bani Umayyah yang terkenal • Tes lisan Menceritakan
kisah para khalifah pada khalifah dinasti bani Umayyah yang terkenal |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim dan perannya dalam
memajukan kebudayaan/ peradaban
Islam pada masa dinasti Bani Umayyah. 4.3. Membuat tabel berkaitan dengan tokoh ilmuwan muslim
beserta bidang keilmuannya yang hidup pada masa dinasti Umayyah. |
3.3.1. Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli Hadits 3.3.2. Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli Tafsir 3.3.3. Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli bahasa 3.3.4. Mengidentifikasi ilmuwan muslim ahli kimia 3.3.5. Mengambil hikmah dari ilmuwan muslim 4.3.1. Membuat tabel berkaitan dengan kontribusi tokoh
ilmuwan muslim |
Ilmuwan
muslim dinasti Bani Umayyah. |
• Mengamati
• Menanya •
Memberikan
tanggapan/ respon terhadap penjelasan
guru tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani
Umayyah. -
• Mengeksplorasi -
Mendiskusikan tentang peran para Ilmuwan
muslim dinasti Bani Umayyah. -
Mendiskusikan peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani
Umayyah dalam membangun kebudayaan/ peradaban Islam •
Mengasosiasi -
Membuat rumusan hasil diskusi
dan penggaliannya berkaitan dengan peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani
Umayyah. -
Membuat peta
konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya
masing-masing • Mengkomunikasikan: -
Mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema
masing-masing |
• Tugas •
Mengidentifikasi
peran
para
Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah. • Observasi • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat: 1.
isi diskusi tentang peran para Ilmuwan
muslim dinasti Bani Umayyah. 2.
sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait
dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun dan percaya diri. • Portofolio •
Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani
Umayyah. •
Membuat paparan analisis
dan identifikasi peran
para
Ilmuwan muslim dinasti Bani Umayyah. • Tes tulis •
menulis peran para Ilmuwan muslim dinasti Bani
Umayyah. •
Menjawab soal-soal tentang peran para Ilmuwan muslim
dinasti Bani Umayyah. • Tes lisan Menceritakan peran para Ilmuwan
muslim dinasti Bani Umayyah. |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
3.4. Memahami sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul
Azis 4.4. Memaparkan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin
Abdul Aziz dalam bentuk tulis atau lisan |
3.4.1. Mengidentifikasi sikap yang dimiliki Umar bin Abdul Azis 3.4.2. Menganalisis kesederhanaan dan kezuhudan Umar bin Abdul Azis 3.4.3. Mengevaluasi gaya
kepemimpinan Umar bin Abdul Azis 3.4.4. Membandingkan sikap toleran
dan ketegasan Umar bin Abdul Azis 3.4.5. Menyimpulkan
sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis 4.4.1. Menceritakan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Aziz |
Sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis |
• Mengamati -
Menyimak
penjelasan guru tentang sikap Umar
bin Abdul Azis
-
Mengamati gaya
kepemimpinan Umar bin Abdul Azis • Menanya -
Memberikan
tanggapan/ respon terhadap penjelasan
guru tentang sikap dan gaya kepemimpinan
Umar bin Abdul Azis
Bani Umayyah. • Mengeksplorasi -
Mendiskusikan tentang sikap yang dimiliki Umar bin Abdul Azis -
Mendiskusikan gaya kepemimpinan Umar bin
Abdul Azis
dalam membangun kebudayaan/ peradaban Islam •
Mengasosiasi -
Membuat rumusan hasil diskusi
dan penggaliannya berkaitan dengan gaya
kepemimpinan Umar bin Abdul Azis -
Membuat peta
konsep atau resume terkait dengan tema yang didiskusikan oleh kelompoknya
masing-masing • Mengkomunikasikan: -
Mempresentasikan
hasil diskusinya di depan kelas sesuai dengan kelompok dan tema
masing-masing |
• Tugas -
Mengidentifikasi
sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis • Observasi • Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang
memuat: 1.
isi diskusi tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul
Azis 2.
sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait
dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun dan percaya diri. • Portofolio •
Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang sikap dan
gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis •
Membuat paparan analisis
dan identifikasi tentang sikap dan gaya kepemimpinan
Umar bin Abdul Azis
• Tes tulis •
menulis sikap dan gaya kepemimpinan
Umar bin Abdul Azis. •
Menjawab soal-soal tentang sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis • Tes lisan Menceritakan sikap dan gaya kepemimpinan Umar bin Abdul Azis |
4
TM (8X 40) |
•
Buku Pedoman Guru mapel SKI Kls VII Kemenag •
Buku Pegangan siswa mapel SKI Kls VII Kemenag •
Kitab Al-Quran dan
terjamahanya •
Buku ensiklopedi
atau buku referensi lain • Multimedia interaktif dan Internet |
Bandung, 17 Juli 2014
Tim Penyusun Silabus
0 Response to "SILABUS PEMBELAJARAN: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM"
Posting Komentar