SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH
SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH
Mata Pelajaran: Fikih Islam Satuan
Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah Kelas/Smt : VII(Tujuh)/ Ganjil
Kompetensi Inti*
:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1.
Meyakini
pentingnya bersuci dari hadas dan najis 1.2.
Menghayati
ketentuan salat lima waktu 1.3.
Menghayati
ketentuan waktu salat lima waktu 1.4.
Menghayati
makna azan dan ikamah 1.5.
Meyakini
ketentuan salat berjamaah 1.6.
Meyakini
pentingnya sujud sahwi 1.7.
Meyakini
manfaat zikir dan doa |
|
1. Observasi
kegiatan 2. Penilaian diri sendiri 3. Penilaian
antar teman 4. Catatan-Jurnal
Guru |
||||
2.1
Membiasakan
diri bersuci dari hadas dan najis 2.2
Membiasakan
diri salat lima waktu 2.3
Membiasakan
salat tepat waktu 2.4
Membiasakan azan dan ikamah 2.5
Membiasakan
diri salat berjamaah 2.6
Terbiasa
sujud sahwi apabila ada yang lupa dalam salat 2.7
Senantiasa berzikir dan doa setelah salat |
|
1. Observasi
kegiatan 2. Penilaian diri sendiri 3. Penilaian
antar teman 4. Catatan-Jurnal
Guru |
||||
3.1. Memahami
hadas dan najis dan tata cara menyucikan 4.1.Mendemonstrasikan tata cara bersuci
dari hadas dan najis |
3.1.1 Menyebutkan pengertian najis 3.1.2 Menunjukkan dalil tentang najis 3.1.3 Menjelaskan macam – macam najis 3.1.4 Membedakan macam – macam najis 3.1.5 Menerapkan tatacara bersuci dari najis 3.1.6 Menyebutkan pengertian hadats 3.1.7 Menunjukkan dalil tentang hadats 3.1.8 Menjelaskan macam – macam hadats 3.1.9 Membedakan macam – macam hadats 3.1.10 Menerapkan tatacara bersuci hadats 4.1.1
Mendemostrasikan tatacara bersuci dari hadats 4.1.2
Mendemostrasikan tatacara bersuci dari
najis |
1. Pengertian najis dan dalilnya 2. Macam-macam najis dan tata cara
bersuci 3. Pengertian hadats dan dalilnya 4. Macam-macam hadats dan tata cara
bersuci 5. Alat-alat bersuci dan macam-macam air 6. Mendemontrasikan tatacara bersuci
dari najis dan hadats |
Mengamati -
Mengamati
gambar macam-macam najis, mandi, berwudhu, tayamum, dan istinjak. -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian dan
tatacara bersuci Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan - Mengajukan pertanyaan terkait tentang
bentuk najis dan hadats, serta tatacara bersuci Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data tentang ketentuan hadats dan najis, serta tata cara bersuci -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil presentasi
kelompok lain -
Mengidentifikasi ketentuan tata cara bersuci dan
perbedaan hadas dengan najis -
Menganalis hikmah disyariatkannya bersuci dari hadas
dan najis -
Merumuskan hikmah dari kisah tentang adzab
bagi yang tidak bersih
ketika beristinjak -
Memotivasi peserta
didik agar senantiasa menjaga kebersihan setelah menyimak
kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Mendemonstrasikan tatacara bersuci dari hadats dan
najis (wudhu, mandi,
tayamum, dan tata cara istinja) -
Melaksanakan tanya jawab -
Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk
bagan tentang ketentuan bersuci -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
2
TM (4
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.2 Memahami
ketentuan salat lima waktu 4.2 Mempraktikkan
salat lima waktu |
3.3.1
mengidentifikasi pengertian salat lima waktu 3.3.2
menunjukkan dalil-dalil disyariatkannya syarat lima waktu 3.3.3
menjelaskan rukun salat 3.3.4
menjelaskan rukun salat 3.3.5
menjelaskan sunah salat 3.3.6
menjelaskan yang membatalkan salat 4.2.1.
mendemontrasi kan
salat lima waktu |
1. ketentuan salat lima waktu 2. praktek salat lima waktu |
Mengamati -
Mengamati
gambar gerakan salat -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang salat lima waktu Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang
salat lima waktu Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang ketentuan salat lima waktu -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil presentasi
kelompok lain - Membuat
bagan tentang ketentuan salat lima waktu -
Mengemukakan
pendapat tentang hikmah dari bacaan manfaat salat secara ilmiah -
Memotivasi
peserta didik agar senantiasa menjaga kewajiban salat lima waktu
setelah menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Menperagakan tatacara salat lima waktu -
Melaksanakan tanya jawab -
Memaparkan bagan
tentang ketentuan salat lima waktu -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
2
TM (4
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.3 Memahami
waktu-waktu salat lima waktu 4.3 Menpresentasi
kan penentuan waktu salat lima waktu |
3.2.1
mengidentifikasi ketentuan waktu melaksanakan salat lima waktu 3.2.2
menunjukkan dalil-dalil waktu untuk salat lima waktu 3.3.3
menjelaskan waktu-waktu
yang dilarang dalam salat |
Ketentuan
waktu salat lima waktu Waktu-waktu
yang dilarang untuk salat Pengertian
sujud sahwi dan sebab-sebabnya Tata
cara sujud sahwi Waktu
salat lima waktu Praktek
sujud sahwi |
Mengamati -
Mengamati
gambar waktu-waktu salat lima waktu -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang waktu salat Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang
waktu-waktu salat lima waktu Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang waktu salat lima waktu -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain - Membuat
analisis tentang ketentuan waktu salat lima waktu - Merumuskan
hikmah penentuan waktu-waktu salat lima waktu -
Mengemukakan
pendapat tentang hikmah dari kisah tentang
sahabat atau ulama dengan ibadah salatnya -
Memotivasi
peserta didik agar melaksanakan salat tepat waktu setelah menyimak
kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Memaparkan bagan tentang waktu-waktu salat lima
waktu -
Mensimulasikan tatacara penentuan waktu salat lima
waktu -
Melaksanakan tanya jawab -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
· |
2
TM (4
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.4 Memahami ketentuan azan dan ikamah 4.4 Mempraktikkan azan dan ikamah |
3.4.1
Menyebutkan pengertian azan dan ikamah 3.4.2
Menunjukkan hukum azan dan ikamah 3.4.3
Menjelaskan ketentuan azan dan ikamah 4.4.1 Mendemontrasikan tata
cara azan ikamah |
1.
Pengertian dan hukum azan dan ikamah 2.
Ketentuan azan dan ikamah 3.
Praktek azan dan ikamah |
Mengamati -
Mengamati
gambar orang azan dengan adabnya -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian azan ikamah Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang
azan ikamah Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang azan ikamah -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain - Membuat
analisis adab muadzin - Merumuskan
syarat-syarat muadzin -
Menyimpulkan hikmah dari kisah
dahsyatnya Azan -
Memotivasi
peserta didik agar terbiasa bersegerah melaksanakan salat ketika
adzan masuk setelah menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Mendemonstrasikan tatacara azan ikamah -
Melaksanakan tanya jawab -
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk
bagan tentang ketentuan azan ikamah -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
1
TM (2
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.5 Menganalisis ketentuan salat berjamaah 4.5 Mendemonstrasikan
tata cara salat berjamaah |
3.5.1
Menyebutkan pengertian salat berjamaah 3.5.2
Menunjukkan dalil salat berjamaah 3.5.3
Menunjukkan manfaat salat berjamaah 3.5.4
Menjelaskan syarat-syarat menjadi imam 3.5.5 Menjelaskan tata cara membuat saf 3.5.6 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk 3.5.7
Menjelaskan ketentuan imam yang lupa 4.5.1
Mempraktekkan tata cara salat berjamaah |
1.
Pengertian dan dalil salat berjamaah 2.
Manfaat salat berjamaah 3.
Tatacara salat berjamaah 4.
Praktek salat berjamaah |
Mengamati -
Mengamati
gambar shaf salat berjama’ah dan orang yang masbuk -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian dan ketentuan salat berjamaah Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang
salat berjamaah Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang ketentuan salat berjamaah -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain - Membuat
analisis ketentuan salat berjamaah - Merumuskan
manfaat salat berjamaah dan udzur meninggalkannya -
Menyimpulkan hikmah dari kisah terkait tentang hikmah berjamaah -
Memotivasi
peserta didik agar rajin salat berjamaah setelah menyimak kisah
tersebut Mengkomunikasikan -
Mendemonstrasikan tatacara salat berjamaah -
Melaksanakan tanya jawab -
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk
bagan tentang ketentuan salat berjamaah -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
2
TM (4
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.6 Memahami
ketentuan sujud sahwi 4.6 Memperagakan
sujud sahwi |
3.6.1
mengidentifikasi pengertian sujud sahwi 3.6.2 menjelaskan sebab-sebab sujud sahwi 3.6.3
menunjukkan tata cara sujud sahwi 4.6.1
memperagakan sujud sahwi |
Pengertian
sujud sahwi dan sebab-sebabnya Tata
cara sujud sahwi Waktu
salat lima waktu Praktek
sujud sahwi |
Mengamati -
Mengamati
gambar orang sujud sahwi -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang sujud sahwi Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang
sujud sahwi Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang ketentuan sujud sahwi -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain - Membuat
analisis tentang ketentuan sujud sahwi - Merumuskan
hikmah disyariatkannya sujud sahwi Mengkomunikasikan -
Memaparkan bagan tentang ketentuan sujud sahwi -
Mensimulasikan tatacara sujud sahwi. -
Melaksanakan tanya jawab -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
1
TM (2
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.7. Memahami tatacara berzikir dan berdoa setelah salat 4.7 Mendemonstrasi kan zikir setelah
salat |
3.7.1
Menyebutkan pengertian zikir 3.7.2
Menunjukkan dalil tentang zikir 3.7.3
Menyebutkan pengertian doa 3.7.4
Menunjukkan dalil tentang doa 3.7.5
Menjelaskan manfaat zikir dan doa 3.7.6 Menjelaskan tata cara zikir dan doa 4.7.1
Memperagakan zikir setelah
salat 4.7.2
Melafalkan doa setelah shalat |
1.
Pengertian dan dalil zikir dan doa 2.
Manfaat berzikir dan berdoa 3.
Adab berdoa dan berzikir 4.
Praktek berdoa dan berzikir sesudah salat |
Mengamati -
Mengamati
gambar adab berzikir dan berdoa, serta tulisan doa dan zikir sesudah
salat -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian doa dan zikir, manfaat dan adab
berdoa dan berzikir sesudah salat Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang doa
dan zikir sesudah salat Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang zikir dan doa sesudah salat -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain - Membuat
analisis tata cara berzikir dan berdoa - Merumuskan
manfaat berzikir dan berdoa -
Merumuskan hikmah dari kisah Unta
Menjadi Saksi Bagi Orang Yang Difitnah -
Memotivasi
peserta didik agar terbiasa berdoa dan berzikir sesudah salat
setelah menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Memaparkan bagan tentang ketentuan berzikir
dan berdoa sesudah salat -
Mendemonstrasikan tatacara berzikir dan
berdoa sesudah salat -
Melaksanakan tanya jawab -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
2
TM (4
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
SILABUS MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran: Fikih Islam Satuan Pendidikan:
Madrasah Tsanawiyah Kelas/Smt : VII(Tujuh)/ Genap
Kompetensi Inti*
:
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar |
Indikator |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1
Meyakini kewajiban melaksanakan
salat Jum’at 1.2
Menerima
ketentuan salat Jamak dan Qasar 1.3
Meyakini kewajiban salat dalam
berbagai keadaan 1.4
Menghayati hikmah dari salat sunah |
|
1. Observasi
kegiatan 2. Penilaian diri sendiri 3. Penilaian
antar teman 4. Catatan-Jurnal
Guru |
||||
2.1 Membiasakan melaksanakan salat Jum’at 2.2 Membiaskana salat Jamak dan Qasar 2.3
Terbiasa melaksanakan salat wajib dalam berbagai kedaan 2.4
Terbiasa melakukan salat sunah |
|
1. Observasi
kegiatan 2. Penilaian diri sendiri 3. Penilaian
antar teman 4. Catatan-Jurnal
Guru |
||||
3.1. Memahami ketentuan salat Jum’at 4.1. Mempraktikkan salat Jum’at |
3.1.1
Menyebutkan pengertian salat Jum’at 3.1.2
Menunjukkan dasar hukum salat Jum’at 3.1.3
Menjelaskan perbuatan sunah yang terkait dengan salat Jum’at 3.1.4
Menjelaskan syarat mendirikan salat Jum’at. 3.1.5
Menjelaskan adab ketika khutbah sedang berlangsung 3.1.6
Menjelaskan rukun khutbah
Jum’at 3.1.7
Menjelaskan syarat khutbah Jum’at 4.1.1
Memperagakan khutbah Jum’at 4.1.2
Mendemonstrasi kan tata cara salat Jum’at |
1. Pengertian salat Jum’at 2. Dasar hukum salat Jum’at 3. Sunah pelaksanaan salat Jum’at 4. Syarat salat Jum’at 5. Khutbah salat Jum’at 6. Tata cara khutbah dan salat Jum’at |
Mengamati -
Mengamati
gambar pelaksanaan salat Jum’at dan khatib berkhutbah -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian dan
tatacara salat dan khutbah Jum’at Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan - Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dan khutbah Jum’at Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang ketentuan salat Jum’at -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil kelompok
lain -
Menbuat analisis ketentuan salat Jum’at -
Merumuskan hikmah disyariatkannya salat Jum’at -
Merumuskan hikmah dari kisah “Khutbah
Abu Nawas” -
Memotivasi
peserta didik agar senantiasa melaksanakan salat Jum’at dengan
benar setelah menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Mendemonstrasikan tatacara salat
dan khutbah Jum’at -
Melaksanakan tanya jawab -
Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dan khutbah Jum’at -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
4
TM (8
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.2
Memahami ketentuan
salat Jamak dan Qasar 4.2.
Mempraktekan salat Jamak dan Qasar |
3.2.1 Menjelaskan
pengertian salat jamak 3.2.2 Menyebutkan
macam-macam salat jamak 3.2.3
Mengidentifikasi syarat salat jamak 3.2.4 Menjelaskan
tata cara salat jamak 3.2.5 Menjelaskan
pengertian salat qasar 3.2.6 Mengidentifikasi
syarat-syarat salat qasar 3.2.7 Membedakan
salat jamak dengan salat qasar 4.2.1
Mendemonstrasi kan tata cara salat jamak 4.2.2
Mendemonstrasi kan tata cara salat qasar |
1. Pengertian salat jamak 2. Macam-macam dan syarat salat jamak 3. Tata cara salat jamak 4. Pengertian salat qasar 5. Syarat-syarat salat qasar 6. Perbedaan salat jamak dengan salat
qasar 7. Praktek salat jamak dan salat qasar |
Mengamati -
Mengamati
gambar musafir salat jamak dan salat qasar -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian dan
tatacara salat jamak dan qasar Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan - Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat jamak dan qasar Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang salat jamak dan salat qasar -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain - Membuat
bagan tentang ketentuan salat jamak dan salat qasar -
Merumuskan manfaat salat jamak dan salat qasar -
Menyimpulkan hikmah dari kisah
yang terkait dengan salat jamak dan qasar -
Memotivasi
peserta didik agar menghayati akan pentingnya salat setelah
menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Mendemonstrasikan tatacara salat
jamak dan qasar -
Melaksanakan tanya jawab -
Menyimpulkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat jamak dan qasar -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
3
TM (6
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.3
Memahami
kaifiat salat dalam berbagai keadaan 4.3.
Memperagakan salat dalam keadaan sakit |
3.3.1 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan
darurat 3.3.2 Menjelaskan tata cara salat dalam
keadaan sakit 3.3.3 Menjelaskan tata cara salat dalam
kendaraan 4.3.1 Mendemonstrasi kan cara
salat dalam keadaan sakit 4.3.2 Mendemonstrasi kan cara salat diatas kendaraan |
1.
Salat dalam keadaan darurat 2.
Tata cara salat dalam keadaan sakit dan
salat dalam kendaraan 3.
Praktek salat dalam keadaan sakit
dan salat diatas
kendaraan |
Mengamati -
Mengamati
gambar orang sakit salat dalam keadaan berbaring, duduk, dalam
kendaraan -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian dan
tatacara salat dalam keadaan darurat Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan - Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat dalam keadaan
darurat Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang ketentuan salat dalam keadaan sakit dan dalam
kendaraan -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa
presentasi hasil
kelompok lain - Membuat
analisis tentang tata cara salat dalam keadaan darurat -
Merumuskan hikmah dari kisah
yang terkait dengan salat dalam keadaan darurat -
Memotivasi
peserta didik senantiasa menjaga pelaksanaan salat lima waktu
setelah menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Mendemonstrasikan salat
dalam keadaan darurat (keadaaan sakit dan di atas kendaraan) -
Melaksanakan tanya jawab -
Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan salat dalam keadaan darurat -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
3
TM (6
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
3.4
Memahami
salat sunah muakkad dan salat sunah gairu muakkad 4.4. Memsimulasikan salat sunah muakkad dan salat sunah gairu muakkad |
3.4.1 Menjelaskan pengertian salat sunah muakkad
3.4.2 Menunjukkan
dasar hukum salat
sunah 3.4.3
Menjelaskan hikmah disyariatkannya salat sunah 3.4.4 Menjelaskan jenis salat muakkad sunah 3.4.5 Menjelaskan jenis salat sunah ghairu muakkad 4.4.1 Mempraktikkan
tata cara salat sunah muakkad |
1. Pengertian salat sunah 2.
Dalil dan hikmah
salat sunah 3. Macam-macam salat sunah 4.
Tata
cara salat
sunnah |
Mengamati -
Mengamati
gambar orang salat dhuha, salat tarawih dan salat rawatib -
Menyimak hasil pengamatan gambarnya -
Membaca materi tentang pengertian dan
tatacara salat sunah
muakkad dan salat
sunah ghairu
muakkad Menanya - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan - Mengajukan pertanyaan terkait tentang salat sunah muakkad dan salat sunah
ghairu muakkad Eksperimen/explore -
Menguatkan
dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik -
Mencari
data dan informasi tentang salat sunah muakad dan sunah ghairu muakkad -
Mendiskusikan
data/bahan yang diperoleh secara bergantian Mengasosiakan - Menilai dan
menganalisa hasil
kelompok lain -
Membuat analisis tentang macam-macam salat sunah
muakkad dan ghairu muakkad -
Menyimpulkan perbedaan antara salat sunah muakkad
dengan ghairu muakkad -
Merumuskan
hikmah disyariatkannya salat Dhuha dari kisah Salat
Sunah Dhuha Mempermudah Datangnya Rezeki -
Memotivasi
peserta didik agar konsisten melaksanakan salat sunah setelah
menyimak kisah tersebut Mengkomunikasikan -
Menyajikan paparan bagan tentang ketentuan salat sunah muakkad
dan salat sunah ghairu muakkad -
Mendemonstrasikan salat sunah muakkad dan salat sunah ghairu muakkad -
Melaksanakan tanya jawab -
Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. |
Tugas · Mengumpulkan
gambar/ berita/ artikel yang sesuai materi ajar Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan
dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan
dalam diskusi §
Kejelasan
dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes
tulis · Lisan |
3
TM (6
x 40) |
·
Buku
pedoman guru FIKIH Kelas VII MTs. ·
Buku
pegangan siswa FIKIH Kelas VII MTs paket siswa ·
Buku rujukan yang sesuai dengan materi ajar ·
Gambar
peta konsep sesuai materi · Alat
peraga, bahan, alat yang relevan untuk memperjelas penyampaian materi ajaar · Akses
internet dan multimedia sesuai materi
pembelajaran · Lembar
observasi dan Lembar penilaian |
Bandung, 17 Juni 2014,
Tim Penyusun Silabus
0 Response to "SILABUS MATA PELAJARAN: FIKIH"
Posting Komentar