SILABUS PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB - . -->

SILABUS PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB

 

SILABUS PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB

 

Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah                                                 Mata Pelajaran: Bahasa Arab                                                          Kelas / Semester: VII / Ganjil

 

Kompetensi Inti :

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4

:

Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

 

 

Komptensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1      Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

1.2      Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

1.3    Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

2.1. Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

2.3       Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

          baik secara lisan maupun tertulis

4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

          dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

 

3.1.1       Menirukan langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.2  Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.4  Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.5  Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.6  Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar

4.1.1       Menirukan contoh ungkapan sederhana

4.1.2       Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar

 

 

 

Tema/ Topik:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

 

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik yang dipelajari.

 

Struktur Kalimat

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

Mengamati :

     Mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

     Menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan

·      Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.

·      Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menyimak penjelasan guru tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

Menanya:

·      Menanyakan materi tentang topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

·      Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.

·      Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.

·      Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

 

Mengeksplorasi:

1.    Melafalkan materi tentang topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

2.    Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.

·      Melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.

·      Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

sesuai dengan kaidah.

·     Menentukan sturktur kalimat yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·     Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dari buku teks, majalah, maupun internet.

 

Mengasosiasikan:

·      Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.

·      Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

Mengkomunikasikan:

·      Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.

·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

·      secara lisan atau tulisan.

·      Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab

·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

·      Menyusun karangan sederhana tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

sesuai tema/topik.

 

 

Tugas :

·          Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

·          Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

·  Pengamatan:

-          Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-          yang dipelajari.

-          Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-          Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

 

·      Portofolio:

-       Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-       Kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.

 

·      Tes:

-          Tes Tertulis

Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-          Tes Lisan

Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

secara lisan

 

 

 

 

 

 

12 JP

·  Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag

·  Buku referensi lain yang menunjang materi

·  CD/DVD Pembelajaran

·  Internet

 

3.2     Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: 

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

4.2     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

   dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

4.3    Mempresentasikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

                    

3.2.1      Membaca huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar

3.2.2         Menentukan arti kosakata dalam teks

.2.3             Menerjemahkan frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks

.2.4             Menggunakan kosakata dalam konteks kalimat

4.2.1           Memperagakan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks

4.3.1           Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan benar

Tema/ Topik:

1. التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة

2. المرافق والأدوات المدرسية

3. الألوان

4. المبتدأ(ضمائرمفردة)؛

5. إشارةمفردة  + الخبر(الصفة) والجهات

6. الضمائرالمفردةالمتصلة

 

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

 

Struktur Kalimat

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

Mengamati :

·      Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat

·      Mengamati kosa kata yang terkandung dalam tema / topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

·      Mengamati maksud bacaan dalam teks terkait topik/tema

·      Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.

·      Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang 

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menyimak penjelasan guru tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Membaca kaidah tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

 

Menanya:

·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari.

·      Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.

·      Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

Mengeksplorasi:

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang makna mufradat terkait tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.

·      Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.

·      Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

sesuai dengan kaidah.

·     Menentukan

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam kalimat.

·     Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dari buku teks, majalah, maupun internet.

 

Mengasosiasikan:

·      Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Mencari informasi umum/tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

dari suatu wacana lisan/tulisan.

·      Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.

·      Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

 

Mengkomunikasikan:

·      Mengungkapkan gambar sesuai dengan tema/topik secara lisan atau tulisan

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.

·      Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.

·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Menyusun karangan sederhana tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

sesuai tema/topik.

Tugas :

·          Siswa diberi tugas untuk mencari kosa kata terkait dengan tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

·          Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·          Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

·  Pengamatan:

-       Mengamati cara siswa menemukan makna teks bahasa Arab sesuai tema/topik.

-       Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-       Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

 

·      Portofolio:

-       Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,

-       Kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.

 

·      Tes:

-          Tes Tertulis

Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

-          Tes Lisan

Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan

 

 

 

 

 

 

 

12 JP

·  Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag

·  Buku referensi lain yang menunjang materi

·  CD/DVD Pembelajaran

Internet

3.3     Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ لألوان؛

          dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat.

4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

            dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

 

3.3.1         Menentukan tema teks

3.3.2         Menceritakan kembali isi teks

3.3.3       Meringkas isi teks dengan Bahasa Arab

4.4.1       Menyalin / menulis kosakata/ kalimat-kalimat yang mengandung informasi tentang tema/topik  sesuai contoh dengan tepat dan benar

4.5.1       Menyusun kalimat dengan pola tertentu sesuai tema/topik dan struktur teks yang benar

 

Tema/ Topik:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

 

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

 

Struktur Kalimat

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

Mengamati :

·      Membaca teks tentang tema/ topik tentang

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛

·      Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.

·      Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.

·      Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.

·      Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menyimak penjelasan guru tentang kaidah

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

Menanya:

·      Melakukan tanya jawab mufradat tentang tema/topik yang dipelajari.

·      Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.

·      Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.

·      Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara tertulis.

·      Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menuliskan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.

·      Mencoba menyusun tek cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.

·      Mempresentasikan tentang cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.

·      Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

sesuai dengan kaidah.

Mengasosiasikan:

·      Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.

·      Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab

·      Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.

·      Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·     Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

dari buku teks, majalah, maupun internet.

·      Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.

·      Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

 

Mengkomunikasikan:

·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan.

·      Menyusun contoh-contoh tentang cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab

·      Menyusun contoh-contoh tentang cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab

·      Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.

·      Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.

·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·      Menyusun karangan sederhana tentang

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

sesuai tema/topik.

 

Tugas :

·         Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat tentang tema / topik yang dipelajari

·         Siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat

 المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

·          Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung

المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة مفردة  + الخبر (الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة

 

·  Pengamatan:

-          Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.

-          Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.

-          Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya berbahasa Arab.

 

·      Portofolio:

-          Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,

-          kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.

-          kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

 

·      Tes:

-          Tes Tertulis

Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

 

-          Tes Lisan

Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic secara lisan

 

12 JP

·  Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag

·  Buku referensi lain yang menunjang materi

·  CD/DVD Pembelajaran

·  Internet

Jakarta, 4 Agustus 2014

                                    Mengetahui                                                                                                     Guru Mata Pelajaran,

                                    Kepala MA

                                    ..............                                                                                                          ............

                                    NIP.                                                                                                                NIP.


 

SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Satuan Pendidkan: MTs                                                      Kelas   : VII (Tujuh)                                                              Semester: II (Genap)

 

Kompetensi Inti           :

KI 1

:

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

KI 2

:

Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

KI 3

:

Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI 4

:

Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.

 

 

Komptensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

1.1     Menerima kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

1.2     Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa arab

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

1.3         Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

2.1     Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa

 

 

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman

 

 

 

Observasi

Penilaian Diri

Penilaian Sejawat

Jurnal/Catatan

 

 

3.1     Mengidentifikasi bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

          baik secara lisan maupun tertulis

4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

          dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

4.2     Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

          dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

3.1.1            Menirukan langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.2  Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.4  Memperagakan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.5  Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan

3.1.6  Mengungkapkan kembali (bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar

4.1.1            Menirukan contoh ungkapan sederhana

4.1.2       Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar sesuai dengan kaidah

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

 

 

Tema/ Topik:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

 

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik yang dipelajari.

 

Struktur Kalimat

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

 

Mengamati :

     Mengamati pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

 

     Menirukan pelafalan  kata, frasa dan kalimat  bahasa Arab yang diperdengarkan

·      Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.

·      Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menyimak penjelasan guru tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

Menanya:

·      Menanyakan materi tentang topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.

·      Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan.

·      Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

Mengeksplorasi:

1.    Melafalkan materi tentang topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

2.    Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan.

·      Melafalkan kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.

·      Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

sesuai dengan kaidah.

·     Menentukan sturktur kalimat yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·     Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dari buku teks, majalah, maupun internet.

 

Mengasosiasikan:

·      Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.

·      Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

Mengkomunikasikan:

·      Memperagakan sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan terkait tema/topik..

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      secara lisan atau tulisan.

·      Menjelaskan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab

·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Menyusun karangan sederhana tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

 

Tugas :

·          Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·          Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang  mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·  Pengamatan:

1.    Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

2.    Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.

3.    Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

 

·      Portofolio:

-       Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-       kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-       dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.

-       kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

 

·      Tes:

-          Tes Tertulis

Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-          Tes Lisan

Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

secara lisan

 

 

 

 

 

 

12 JP

·  Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag

·  Buku referensi lain yang menunjang materi

·  CD/DVD Pembelajaran

·  Internet

 

3.2     Memahami lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

4.3   Mempresentasikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

   dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

                    

3.2.1         Membaca huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar

3.2.2         Menentukan arti kosakata dalam teks

3.2.3. Menerjemahkan frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks

3.2.4. Menggunakan kosakata dalam konteks kalimat

4.3.1           Menerangkan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks

4.4.1           Menceritakan kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan benar sesuai kaidah

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

Tema/ Topik:

 العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

Struktur Kalimat

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

Mengamati :

·      Menyimak dan menirukan pengucapan ujaran dengan tepat

·      Mengamati kosa kata yang terkandung dalam tema / topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      Mengamati maksud bacaan dalam teks terkait topik/tema

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.

·      Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang 

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menyimak penjelasan guru tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Membaca kaidah tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

 

Menanya:

·      Melakukan tanya jawab sederhana tentang tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      yang dipelajari.

·      Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.

·      Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

Mengeksplorasi:

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang makna mufradat terkait tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.

·      Mencoba melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.

·      Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

sesuai dengan kaidah.

·     Menentukan

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam kalimat.

·     Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dari buku teks, majalah, maupun internet.

 

Mengasosiasikan:

·      Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Mencari informasi umum/tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      dari suatu wacana lisan/tulisan.

·      Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.

·      Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

 

Mengkomunikasikan:

·      Mengungkapkan gambar sesuai dengan tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

secara lisan atau tulisan

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

secara lisan atau tulisan.

·      Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.

·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Menyusun karangan sederhana tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

Tugas :

·          Siswa diberi tugas untuk mencari kosa kata terkait dengan tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·          Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang  mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·          Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

·  Pengamatan:

-       Mengamati cara siswa menemukan makna teks bahasa Arab sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-       Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-       Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab.

 

·      Portofolio:

-       Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-       kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa sesuai tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.

 

·      Tes:

-          Tes Tertulis

Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-          Tes Lisan

Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

secara lisan

 

 

 

 

 

 

 

12 JP

·  Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag

·  Buku referensi lain yang menunjang materi

·  CD/DVD Pembelajaran

Internet

3.3     Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

          dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

3.3.1         Menentukan tema teks

3.3.2         Memahami dan mengungkapkan kembali isi teks

3.3.3         Meringkas isi teks dengan Bahasa Arab

4.5.1         Menyalin / menulis kosakata/ kalimat-kalimat yang mengandung informasi tentang tema/topik  sesuai contoh dengan tepat dan benar

4.5.1         Menyusun kalimat dengan pola tertentu sesuai tema/topik dan struktur teks yang benar sesuai kaidah

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

Tema/ Topik:

التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان؛

 

Wacana yang memuat kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik.

 

Struktur Kalimat

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

Mengamati :

·      Membaca teks tentang tema/ topik tentang

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة ؛

·      Menyimak wacana dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya.

·      Mencocokkan gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar.

·      Mencari informasi umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan.

·      Membaca isi wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang  mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menyimak penjelasan guru tentang kaidah

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

Menanya:

·      Melakukan tanya jawab mufradat tentang tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

yang dipelajari.

·      Melakukan tanya jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan Indonesia.

·      Melakukan dialog (hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.

·      Menceritakan keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara tertulis.

·      Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi:

·      Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang  mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dalam isi teks lisan sesuai konteks.

·      Menuliskan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·     Menentukan isi wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok.

·      Mencoba menyusun tek cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar.

·      Mempresentasikan tentang cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab.

·      Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

sesuai dengan kaidah.

Mengasosiasikan:

·      Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Membandingkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia.

·      Membandingkan cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab

·      Mencari informasi umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan.

·      Membandingkan kata/frase/ kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·     Mengumpulkan kata/frase/kalimat  yang terdapat

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

dari buku teks, majalah, maupun internet.

·      Mencari persamaan yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia, misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya.

·      Menyimpulkan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia.

 

Mengkomunikasikan:

·      Menyampaikan isi wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan

·      Menjelaskan isi wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

·      secara lisan atau tulisan.

·      Menyusun contoh-contoh tentang cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan diri dalam bahasa Arab

·      Menyusun contoh-contoh tentang cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab

·      Melakukan presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis.

·      Menjelaskan isi teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan, misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya.

·      Menyusun kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·      Menyusun karangan sederhana tentang

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

sesuai tema/topik.

 

Tugas :

·         Para siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat tentang tema / topik

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

yang dipelajari

·         Siswa diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat

 الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

·          Secara individual siswa diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung

الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن) + الخبر (فعل مضارع)

 

·  Pengamatan:

-          Mengamati cara siswa membaca/ berkomunikasi  dalam bahasa Arab sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-          Mengamati sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta  budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai tema/topik.

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-          Melihat kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya berbahasa Arab.

 

·      Portofolio:

-          Mengumpulkan tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik,

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-          kumpulan tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung struktur bahasa

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

sesuai tema/topik

 

dari alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb.

-          kumpulan tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab.

 

·      Tes:

-          Tes Tertulis

Menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

-          Tes Lisan

Kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic

العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة

secara lisan

 

12 JP

·  Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag

·  Buku referensi lain yang menunjang materi

·  CD/DVD Pembelajaran

·  Internet

Jakarta, 4 Agustus 2014

                                    Mengetahui                                                                                                     Guru Mata Pelajaran,

                                    Kepala MA

 

                                    ..............                                                                                                          ............

                                    NIP.                                                                                                                NIP.

 

0 Response to "SILABUS PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel