SILABUS PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB
SILABUS
PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB
Satuan Pendidikan: Madrasah
Tsanawiyah Mata
Pelajaran: Bahasa Arab Kelas / Semester: VII / Ganjil
Kompetensi
Inti :
KI 1 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 |
: |
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI 3 |
: |
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata |
KI 4 |
: |
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
Komptensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi
Waktu |
Sumber Belajar |
1.1 Menerima kejujuran dan percaya diri
sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar
rumah dan sekolah |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
1.2 Meyakini
adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk
pengembangan kemampuan berbahasa arab |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
1.3 Mengamalkan sikap amanah sebagai anugerah
Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
2.1. Menunjukkan perilaku jujur
dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah
dan sekolah |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung
jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional
dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ baik secara lisan maupun tertulis 4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks |
3.1.1 Menirukan langsung
bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.2 Menunjukkan tulisan
sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.4 Memperagakan bunyi kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.5 Menunjukkan gambar
sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.6 Mengungkapkan kembali
(bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar 4.1.1 Menirukan contoh
ungkapan sederhana 4.1.2 Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar |
Tema/ Topik: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان Wacana yang memuat
kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik yang
dipelajari. Struktur Kalimat المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة |
Mengamati : • Mengamati
pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان • Menirukan
pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan · Menyimak wacana
dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. · Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Menyimak
penjelasan guru tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Menanya: · Menanyakan
materi tentang topik التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان · Melakukan dialog
(hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan. · Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan. · Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Mengeksplorasi: 1. Melafalkan materi tentang topik التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان 2. Menunjukkan gambar/peragaan sesuai dengan
bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan. · Melafalkan
kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan · Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok. · Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة sesuai
dengan kaidah. · Menentukan sturktur
kalimat yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dari
buku teks, majalah, maupun internet. Mengasosiasikan: · Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia. · Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Mengkomunikasikan: · Memperagakan
sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan. · Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan · Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان · secara lisan atau
tulisan. · Menjelaskan cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri dalam bahasa Arab · Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Menyusun karangan
sederhana tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة sesuai
tema/topik. |
Tugas
:
·
Para siswa diminta
berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة ·
Secara individual siswa
diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Pengamatan: -
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان -
yang dipelajari. -
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik. التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان -
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab. · Portofolio: -
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان -
Kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان dari
alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb. · Tes: -
Tes
Tertulis Menilai kemampuan siswa dalam
memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان -
Tes
Lisan Kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan mengabstraksi
materi sesuai tema/topic التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان secara
lisan |
12 JP |
· Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII
Kemenag · Buku referensi lain
yang menunjang materi · CD/DVD Pembelajaran · Internet |
3.2
Memahami lafal bunyi huruf, kata,
frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ 4.2 Menunjukkan contoh ungkapan
sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks 4.3 Mempresentasikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ |
3.2.1 Membaca huruf, kata,
frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar 3.2.2 Menentukan arti
kosakata dalam teks .2.3
Menerjemahkan
frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks .2.4
Menggunakan
kosakata dalam konteks kalimat 4.2.1 Memperagakan
ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam teks
dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks 4.3.1 Menceritakan
kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan
benar |
Tema/ Topik: 1.
التعريف بالنفس وبالعاملين فى المدرسة 2.
المرافق والأدوات المدرسية 3.
الألوان 4.
المبتدأ(ضمائرمفردة)؛ 5.
إشارةمفردة +
الخبر(الصفة)
والجهات 6. الضمائرالمفردةالمتصلة Wacana yang memuat
kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik. Struktur Kalimat المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة |
Mengamati : · Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat · Mengamati
kosa kata yang terkandung dalam tema / topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان · Mengamati
maksud bacaan dalam teks terkait topik/tema · Mencocokkan
gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar. · Membaca isi
wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Menyimak
penjelasan guru tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Membaca kaidah
tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر (الصفة)
والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Menanya: · Melakukan tanya
jawab sederhana tentang tema/topik yang dipelajari. · Melakukan tanya
jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan
Indonesia. · Melakukan tanya
jawab struktur kalimat tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Mengeksplorasi: · Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang makna
mufradat terkait tema/topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان · Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
kalimat yang mengandung المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok. · Mencoba melafalkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang
benar. · Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة sesuai
dengan kaidah. · Menentukan المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam
kalimat. · Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dari
buku teks, majalah, maupun internet. Mengasosiasikan: · Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Mencari informasi
umum/tema/topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان dari
suatu wacana lisan/tulisan. · Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Mencari persamaan
yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia,
misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya. · Menyimpulkan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair
Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia. Mengkomunikasikan: · Mengungkapkan
gambar sesuai dengan tema/topik
secara lisan atau tulisan · Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan. · Menjelaskan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya. · Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Menyusun karangan
sederhana tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة sesuai
tema/topik. |
Tugas
:
·
Siswa diberi
tugas untuk mencari kosa kata terkait dengan tema/topik التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان ·
Para siswa diminta
berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر (الصفة)
والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة ·
Secara individual siswa
diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang
mengandung المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Pengamatan: -
Mengamati
cara siswa menemukan makna teks bahasa Arab sesuai tema/topik. -
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik. التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان -
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab. · Portofolio: -
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, -
Kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان dari
alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb. · Tes: -
Tes
Tertulis Menilai
kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai
tema/topic التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان -
Tes
Lisan Kemampuan
siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic
secara lisan |
12 JP |
· Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII
Kemenag · Buku referensi lain
yang menunjang materi · CD/DVD Pembelajaran Internet |
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ 4.4 Mengungkapkan informasi
secara tertulis tentang: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ لألوان؛ dalam berbagai
struktur bahasa sederhana secara tepat. 4.5 Menyusun teks sederhana
tentang topik التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ dengan memperhatikan struktur
teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks |
3.3.1 Menentukan tema
teks 3.3.2 Menceritakan
kembali isi teks 3.3.3 Meringkas
isi teks dengan Bahasa Arab 4.4.1 Menyalin / menulis kosakata/ kalimat-kalimat yang mengandung informasi tentang tema/topik sesuai contoh
dengan tepat dan benar 4.5.1 Menyusun kalimat
dengan pola tertentu sesuai tema/topik
dan struktur teks yang benar |
Tema/ Topik: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ Wacana yang memuat
kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik. Struktur Kalimat المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة |
Mengamati : · Membaca
teks tentang tema/ topik tentang التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ · Menyimak wacana
dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. · Mencocokkan
gambar dari kata/frase/kalimat yang didengar. · Mencari informasi
umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan. · Membaca isi
wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Memperhatikan
struktur kalimat-kalimat yang mengandung
المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam
isi teks lisan sesuai konteks. · Menyimak
penjelasan guru tentang kaidah المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Menanya: · Melakukan tanya
jawab mufradat tentang tema/topik yang dipelajari. · Melakukan tanya
jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan
Indonesia. · Melakukan dialog
(hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara tertulis. · Melakukan tanya
jawab struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi: · Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dalam
isi teks lisan sesuai konteks. · Menuliskan kata/frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok. · Mencoba menyusun
tek cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar. · Mempresentasikan
tentang cara
memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta, menawarkan
barang dan jasa dalam bahasa Arab. · Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة sesuai
dengan kaidah. Mengasosiasikan: · Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة ·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia. · Membandingkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab · Mencari informasi
umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan. · Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة dari
buku teks, majalah, maupun internet. · Mencari persamaan
yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia,
misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya. · Menyimpulkan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair
Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia. Mengkomunikasikan: · Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan · Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan. · Menyusun
contoh-contoh tentang cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri dalam bahasa Arab · Menyusun
contoh-contoh tentang cara
memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab · Melakukan
presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis. · Menjelaskan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya. · Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Menyusun karangan
sederhana tentang المبتدأ (ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة sesuai
tema/topik. |
Tugas
:
·
Para siswa diminta
berdiskusi untuk menyusun kalimat tentang
tema / topik yang dipelajari ·
Siswa
diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة ·
Secara individual siswa
diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung
المبتدأ
(ضمائرمفردة)؛ إشارة
مفردة +
الخبر
(الصفة) والجهات؛ الضمائر المفردة المتصلة · Pengamatan: -
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik. -
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik. -
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya berbahasa
Arab. · Portofolio: -
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, -
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik dari alqur’an, hadits, majalah, internet,
dsb. -
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab. · Tes: -
Tes
Tertulis Menilai
kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai
tema/topic -
Tes
Lisan Kemampuan
siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic
secara lisan |
12 JP |
· Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII Kemenag · Buku referensi lain
yang menunjang materi · CD/DVD Pembelajaran · Internet |
Jakarta, 4 Agustus 2014
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala
MA
.............. ............
NIP.
NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Satuan Pendidkan: MTs Kelas : VII (Tujuh) Semester: II (Genap)
Kompetensi Inti :
KI 1 |
: |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 |
: |
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI 3 |
: |
Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata |
KI 4 |
: |
Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
Komptensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi Waktu |
Sumber Belajar |
1.1 Menerima
kejujuran dan percaya diri sebagai anugerah Allah untuk berkomunikasi dengan
lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
1.2 Meyakini adanya
motivasi internal (intrinsik) sebagai anugerah Allah untuk pengembangan
kemampuan berbahasa arab |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
1.3 Mengamalkan
sikap amanah sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai
bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah
keislaman |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan sosial
sekitar rumah dan sekolah |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam
mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan
pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
|
|
|
Observasi Penilaian
Diri Penilaian
Sejawat Jurnal/Catatan |
|
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة baik secara lisan maupun tertulis 4.1 Mendemonstrasikan ungkapan
sederhana tentang topik: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks 4.2
Menunjukkan contoh ungkapan
sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks |
3.1.1 Menirukan
langsung bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.2 Menunjukkan tulisan
sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.4 Memperagakan bunyi kata,
frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.5 Menunjukkan gambar
sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan 3.1.6 Mengungkapkan kembali
(bercerita) tentang isi wacana yang telah didengar 4.1.1 Menirukan
contoh ungkapan sederhana 4.1.2 Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar sesuai dengan kaidah الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) |
Tema/ Topik: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة Wacana yang memuat
kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik yang
dipelajari. Struktur Kalimat الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) |
Mengamati : • Mengamati
pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة • Menirukan
pelafalan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan · Menyimak wacana
dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. · Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang mengandung الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Menyimak
penjelasan guru tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Menanya: · Menanyakan
materi tentang topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة · Melakukan dialog
(hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan. · Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara lisan. · Melakukan tanya jawab struktur kalimat tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Mengeksplorasi: 1. Melafalkan materi tentang
topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة 2. Menunjukkan gambar/peragaan
sesuai dengan bunyi kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan. · Melafalkan
kalimat dengan bahasa Arab sesuai gambar yang disajikan · Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok. · Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) sesuai
dengan kaidah. · Menentukan sturktur
kalimat yang mengandung الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dari
buku teks, majalah, maupun internet. Mengasosiasikan: · Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia. · Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Mengkomunikasikan: · Memperagakan
sesuai dengan kata, frasa dan kalimat yang diperdengarkan terkait tema/topik.. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة · Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan · Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة · secara lisan atau
tulisan. · Menjelaskan cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri dalam bahasa Arab · Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Menyusun karangan
sederhana tentang الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) sesuai
tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة |
Tugas
:
·
Para siswa diminta
berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) ·
Secara individual siswa
diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Pengamatan: 1.
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة 2.
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik. 3.
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab. · Portofolio: -
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
dari
alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb. -
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab. · Tes: -
Tes
Tertulis Menilai kemampuan siswa dalam
memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Tes
Lisan Kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan mengabstraksi
materi sesuai tema/topic العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة secara
lisan |
12 JP |
· Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII
Kemenag · Buku referensi lain
yang menunjang materi · CD/DVD Pembelajaran · Internet |
3.2 Memahami
lafal bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan
dengan: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة 4.3 Mempresentasikan berbagai
informasi lisan sederhana tentang: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة 4.4 Mengungkapkan informasi secara
tertulis tentang: العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة dalam berbagai
struktur bahasa sederhana secara tepat |
3.2.1 Membaca huruf,
kata, frase, dan kalimat bahasa Arab dengan intonasi dan makhraj yang benar 3.2.2 Menentukan arti
kosakata dalam teks 3.2.3. Menerjemahkan
frase, dan kalimat bahasa Arab dalam teks 3.2.4. Menggunakan kosakata dalam konteks kalimat 4.3.1 Menerangkan ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon dalam
teks dialog baik tanpa teks (hafalan) atau dengan teks 4.4.1 Menceritakan
kembali tema yang dipelajari menggunakan ungkapan sederhana dengan baik dan
benar sesuai kaidah الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) |
Tema/ Topik: العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة Wacana yang memuat
kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة Struktur Kalimat الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) |
Mengamati : · Menyimak dan
menirukan pengucapan ujaran dengan tepat · Mengamati
kosa kata yang terkandung dalam tema / topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة · Mengamati
maksud bacaan dalam teks terkait topik/tema العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة · Mencocokkan gambar
dari kata/frase/kalimat yang didengar. · Membaca isi
wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Memperhatikan struktur kalimat-kalimat yang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Menyimak
penjelasan guru tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Membaca kaidah
tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Menanya: · Melakukan tanya
jawab sederhana tentang tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة · yang dipelajari. · Melakukan tanya
jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan
Indonesia. · Melakukan tanya
jawab struktur kalimat tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Mengeksplorasi: · Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang makna
mufradat terkait tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة · Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur
kalimat yang mengandung الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam isi teks lisan sesuai konteks. · Melafalkan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok. · Mencoba
melafalkan cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi
dan memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang
benar. · Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) sesuai
dengan kaidah. · Menentukan الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam
kalimat. · Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dari
buku teks, majalah, maupun internet. Mengasosiasikan: · Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Mencari informasi
umum/tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة · dari suatu wacana
lisan/tulisan. · Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Mencari persamaan
yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia,
misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya. · Menyimpulkan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair
Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia. Mengkomunikasikan: · Mengungkapkan
gambar sesuai dengan tema/topik
العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة secara
lisan atau tulisan · Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة secara
lisan atau tulisan. · Menjelaskan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya. · Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Menyusun karangan
sederhana tentang الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) sesuai
tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة |
Tugas
:
·
Siswa diberi
tugas untuk mencari kosa kata terkait dengan tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة ·
Para siswa diminta
berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) ·
Secara individual siswa
diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang
mengandung الأرقام 1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ،
عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Pengamatan: -
Mengamati
cara siswa menemukan makna teks bahasa Arab sesuai tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya sastra Arab. · Portofolio: -
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa sesuai tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة dari alqur’an,
hadits, majalah, internet, dsb. · Tes: -
Tes
Tertulis Menilai
kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai
tema/topic العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Tes
Lisan Kemampuan
siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة secara
lisan |
12 JP |
· Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII
Kemenag · Buku referensi lain
yang menunjang materi · CD/DVD Pembelajaran Internet |
3.3 Menemukan makna
atau gagasan dari kata, frase, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:
العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة 4.5 Menyusun teks sederhana
tentang topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan
yang benar sesuai konteks
|
3.3.1 Menentukan tema
teks 3.3.2 Memahami dan mengungkapkan kembali isi teks 3.3.3 Meringkas
isi teks dengan Bahasa Arab 4.5.1 Menyalin / menulis kosakata/ kalimat-kalimat yang mengandung informasi tentang tema/topik sesuai contoh
dengan tepat dan benar 4.5.1 Menyusun kalimat
dengan pola tertentu sesuai tema/topik
dan struktur teks yang benar sesuai kaidah الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) |
Tema/ Topik: التعريف بالنفس
وبالعاملين في المدرسة؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان؛ Wacana yang memuat
kosa-kata, pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema/topik. Struktur Kalimat الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) |
Mengamati : · Membaca
teks tentang tema/ topik tentang العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة ؛ · Menyimak wacana
dari suara guru/kaset/film dan menirukan pelafalan dan intonasinya. · Mencocokkan gambar
dari kata/frase/kalimat yang didengar. · Mencari informasi
umum dan rinci dari suatu wacana lisan/tulisan. · Membaca isi
wacana tulis sesuai tema/topik yang mengandung الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ (المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Memperhatikan
struktur kalimat-kalimat yang mengandung
الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam
isi teks lisan sesuai konteks. · Menyimak penjelasan
guru tentang kaidah الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Menanya: · Melakukan tanya
jawab mufradat tentang tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة yang
dipelajari. · Melakukan tanya
jawab tentang tema/topik yang dipelajari sesuai lintas budaya Arab dan
Indonesia. · Melakukan dialog
(hiwar) sesuai konteks tentang keadaan/deskripsi sesuatu secara lisan.
· Menceritakan
keadaan/kegiatan yang tampak pada gambar sesuai wacana secara tertulis. · Melakukan tanya
jawab struktur kalimat tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) Mengeksperimentasi/Mengeksplorasi: · Mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur kalimat yang mengandung الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dalam
isi teks lisan sesuai konteks. · Menuliskan kata/frase/
kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Menentukan isi
wacana lisan maupun tulisan secara perorangan maupun berkelompok. · Mencoba menyusun
tek cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan intonasi yang benar. · Mempresentasikan
tentang cara
memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab. · Merangkaikan kata/frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) sesuai
dengan kaidah. Mengasosiasikan: · Menyusun frase/ kalimat yang mengandung struktur kalimat tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) ·
Membandingkan
cara menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri yang dilakukan oleh orang Arab dengan orang Indonesia. · Membandingkan
cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab dan bahasa Arab · Mencari informasi
umum/tema/topik dari suatu wacana lisan/tulisan. · Membandingkan
kata/frase/ kalimat tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Mengumpulkan
kata/frase/kalimat yang terdapat الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) dari
buku teks, majalah, maupun internet. · Mencari persamaan
yang terdapat dalam salah satu karya sastra Arab dengan bahasa Indonesia,
misalnya peribahasa, syair sederhana, dan sebagainya. · Menyimpulkan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana, misalnya peribahasa, syair
Arab sederhana, dan sebagainya dalam bahasa Arab dan indonesia. Mengkomunikasikan: · Menyampaikan isi
wacana tulis sesuai tema/topik secara lisan atau tulisan · Menjelaskan isi
wacana yang dipertanyakan sesuai tema/topik العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة · secara lisan atau
tulisan. · Menyusun
contoh-contoh tentang cara
menyapa, berpamitan, terima kasih, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri dalam bahasa Arab · Menyusun
contoh-contoh tentang cara
memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, meminta,
menawarkan barang dan jasa dalam bahasa Arab · Melakukan
presentasi tentang budaya Arab yang terdapat dalam teks lisan maupun tulis. · Menjelaskan isi
teks dalam salah satu karya sastra Arab sederhana yang dipertanyakan,
misalnya menjelaskan isi peribahasa, syair Arab sederhana, dan sebagainya. · Menyusun
kata/frasa yang tersedia menjadi kalimat tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Menyusun karangan
sederhana tentang الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) sesuai
tema/topik. |
Tugas
:
·
Para siswa diminta
berdiskusi untuk menyusun kalimat tentang
tema / topik العنوان؛ بيتي؛ من
يوميات الأسرة yang dipelajari ·
Siswa
diminta berdiskusi untuk menyusun kalimat yang mengandung struktur kalimat الأرقام
1 - 100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) ·
Secara individual siswa
diminta mencari kalimat/ayat yang mengandung struktur kalimat yang mengandung
الأرقام 1 -
100؛ خبر مقدم (الجهات ، عند ، اللام) + مبتدأمؤخر؛ النعت المفرد؛ المبتدأ
(المفرد/نحن)
+ الخبر (فعل مضارع) · Pengamatan: -
Mengamati
cara siswa membaca/ berkomunikasi
dalam bahasa Arab sesuai tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Mengamati
sejauh mana siswa memahami unsur kebahasaan dan tata bahasa Arab serta budaya Arab yang terdapat dalam teks sesuai
tema/topik. العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Melihat
kreativitas siswa dalam mengidentifikasi contoh-contoh karya berbahasa
Arab. · Portofolio: -
Mengumpulkan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa sesuai tema/topik, العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
kumpulan
tugas berbahasa siswa seperti mengumpulkan kalimat/ayat yang mengandung
struktur bahasa العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة sesuai
tema/topik dari
alqur’an, hadits, majalah, internet, dsb. -
kumpulan
tugas dan kreativitas berbahasa siswa tentang karya sastra Arab. · Tes: -
Tes
Tertulis Menilai
kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai
tema/topic العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة -
Tes
Lisan Kemampuan
siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengabstraksi materi sesuai tema/topic العنوان؛ بيتي؛ من يوميات الأسرة secara
lisan |
12 JP |
· Buku Siswa Bahasa Arab Kelas VII
Kemenag · Buku referensi lain
yang menunjang materi · CD/DVD Pembelajaran · Internet |
Jakarta, 4 Agustus 2014
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala
MA
.............. ............
NIP.
NIP.
0 Response to "SILABUS PEMBELAJARAN: BAHASA ARAB"
Posting Komentar