SILABUS PEMBELAJARAN:
AL-QUR’AN HADIS
Satuan
Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah (MTs) Mata Pelajaran : Qur’an Hadis
Kelas :
VII (Tujuh) Semester : Ganjil
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
(K3) :
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
MATERI POKOK |
PEMBELAJARAN |
PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU |
SUMBER BELAJAR |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
1.1
Meyakini Al-Qur’an
dan hadis sebagai pedoman hidup 1.2
Meyakini
isi kandungan hadis tentang iman dan hadis tentang ibadah yang
diterima Allah adalah yang dilakukan
dengan ikhlas. 1.3
Menghayati kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan
al-Ikhlas
(112) tentang
keesaan Allah |
|
|
|
·
Observasi ·
Catatan -Jurnal ·
Penilaian diri ·
Penilaian sejawat |
|
· |
2.1
Memiliki perilaku mencintai Al-Qur’an dan hadis dalam kehidupan 2.2
Terbiasa beribadah dan berdoa sebagai penerapan isi
kandungan Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113)
dan al-Ikhlas (112)
dalam kehidupan sehari-hari 2.3
Terbiasa beribadah sebagai penerapan isi kandungan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah |
|
|
|
·
Observasi ·
Catatan -Jurnal ·
Penilaian diri ·
Penilaian sejawat |
|
|
3.1
Memahami kedu-dukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia 4.1
Mempraktikkan ca-ra
hidup yang sesuai dengan Al Qur’-an dan hadis |
3.1.1
Mendefinisikan pengertian al-Qur’an 3.1.2
Menjelaskan pengertian al-hadis 3.1.3
Mengidentifikasi fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari 3.1.4
Menyimpulkan kedudkan al-hadis sebagai pedoman hidup 3.1.5
Mendiskripsikan cara efektif memfungsikan Al-Qur’an dalam kehidupan
sehari-hari. 4.1.1
Mempresentasikan ciri prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an dan
hadis |
·
Kedudukan dan fungsi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup
umat manusia ·
Kedudukan dan fungsi Al-Hadis sebagai pedoman hidup
umat manusia |
Mengamati · Mengamati gambar,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kedudukan dan fungsi Al-Qur’an dan hadis Menanya · Dengan dimotivasi oleh guru mengajukan pertanyaan/pernyataan yang
terkait dengan kedudukan Al-Qur’an dan hadis Mengexplorasi ·
Secara berkelompok mencari informasi yang
terkait dengan pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis,
dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup dari berbagai sumber;
buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak. Mengasosiasi ·
Mendiskusikan
dan merumuskan hasil
pencarian informasi tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan kedudukan Al-Qur’an dan hadis
sebagai pedoman hidup. · Secara berkelompok melakukan analisis
dan koreksi terhadap hasil rumusan
tentang pengertian Al-Qur’an dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup. · Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan
bimbingan guru. Mengkomunikasikan · Menyajikan paparan hasil
pencarian informasi tentang pengertian
Al-Qur’an dan hadis, fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia. · Memberikan tanggapan papararan hasil pencarian informasi tentang
pengertian Al-Qur’an dan hadis,
fungsi, kedudukan Al-Qur’an, dan hadis sebagai pedoman hidup umat manusia.. |
Tugas ·
Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan Al-Qur’an
dan hadis Observasi · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan
dalam diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portopolio · Membuat paparan tentang pengertian Al-Qur’an
dan hadis, fungsi Al-Qur’an, dan hadis, dan
kedudukan Al-Qur’an dan hadis sebagai pedoman hidup Tes · Tes tulis · Praktik/performance |
2 TM (4 x 40 Jam) |
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya · Buku pegangan siswa Kemenag · Buku Pedoman Guru, Kemenag · Gambar/ video/ multimedia interaktif · Akses Internet yang sesuai
kebutuhan · Sumber lain yg menunjang |
3.2. Memahami
isi kan-dungan
Q.S. al-Fatihah(1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) tentang
tauhid dalam konsep Islam 4.2
Menunjukkan sikap
orang yang memiliki tauhid sesuai isi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112). |
3.2.1
Menjelaskan arti surah
al-Fatihah (1), 3.2.2 Menerangkan kandungan surah an-Nas (114), 3.2.3
Mendiskripsikan tafsir surah al-Falaq (113) 3.2.4
Mengidentifikasi isi surah al-Ikhlas (112) 3.2.5
Menyimpulkan isi surah yang dipelajari 4.2.1 Mempresentasikan
contoh-contoh sikap orang yang bertauhid sesuai isi
kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) |
·
Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang tauhid (QS. al
Fatihah, QS. an-Nas, QS. al-Falaq,QS.
al-Ikhlas. |
Mengamati ·
Mengamati
gambar atau tayangan tentang semangat membaca dan mengkaji Al-Qur’an. ·
Menyimak
bacaan secara
tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113)
dan Q.S. al-Ikhlas (112) ·
Mengamati gambar foto atau tayangan vedio tentang
sikap tauhid sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), Q.S. Annas (114), QS. Al Falaq (113)
dan Q.S. al-Ikhlas (112) Menanya · Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait
dengan tayangan yang telah dicermatinya. Mengeksplorasi ·
Secara kelompok menggali informasi tentang isi kandungan
Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) dari berbagai sumber; buku literatur,
jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak · Mencari macam-macam bacaan
secara tartil dari Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) dari berbagai rekaman bacaan. Mengasosiasi · Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) · Diskusi tentang tauhid
sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) · Merumuskan hasil penggalian informasi
tentang kandungan Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) · Menyusun kesimpulan kandungan ayat dengan
bimbingan guru. Mengkomunikasikan · Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) ·
Menanggapi
paparan kandungan Q.S. Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) · Secara berpasangan, menghafalkan secara tartil Q.S.
al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas (112) |
Tugas ·
Membuat resume hasil diskusi Observasi · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan
dalam diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portopolio ·
Membuat paparan tentang
kandungan
Q.S. al-Fatihah (1), an-Nas (114), al-Falaq (113) dan al-Ikhlas
(112) Tes · Tes tulis ·
Tes Lisan |
3 TM (6 x 40 Jam) |
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya · Buku pegangan siswa Kemenag · Buku Pedoman Guru, Kemenag · Gambar/ video/ multimedia interaktif · Akses Internet yang sesuai
kebutuhan · Sumber lain yg menunjang |
3.3.Memahami keter-kaitan isi kandungan hadis tentang iman
riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah (الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان) dan
hadis riwayat Muslim dari Umar bin Khattab (قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... ) dan
hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah (الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله ...) dan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar
dari Ai-uappaq: (قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي
"أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....) dan
hadis riwayat Muslim dari Aisyah (من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد) dalam
fenomena kehidupan dan akibatnya 4.3. Menunjukkan sikap
orang yang beriba-dah didasari keikh-lasan sesuai hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi
Thalib dari Ibnu Majah: (الإيمان معرفة بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان) dan
hadist riwayat Muslim dari Umar bin Khattab: (قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... ) dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah: (الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله …( dan
hadis tentang ibadah yang diterima Allah riwayat Al-Bazzar
dari Adh-Dhahlaq: (قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي
"أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....) dan
hadis riwayat Muslim dari Aisyah (من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد) |
3.1.1
Menjelaskan arti hadis tentang iman riwayat Ali bin Abi Talib dari Ibnu Majah 3.1.2
Mengidentifikasi hadis tentang ibadah yang diterima Allah hadis riwayat Al-Bazzar dari Ai-uappaq 3.1.3
Menyimpulkan sikap orang yang beribadah didasari
keikhlasan sesuai hadis tentang iman riwayat
Ali bin Abi Thalib dari Ibnu Majah 3.1.4
Mendiskripsikan salah satu cara hidup ikhlas yang sesuai al-Hadis. 3.1.5
Membandingkan beberapa isi
hadis tentang ibadah yang diterima 4.3.1
Mempresentasikan contoh sikap orang yang beribadah didasari keikh-lasan
sesuai hadis |
4 Hadis-hadis
ten-tang Iman -
Hadis الإيمان معرفة
بالقلب وقول باللسان وعمل بالأركان -
Hadis (قال فأخبرنى عن الإيمان قال أن تؤمن بالله... ) -
Hadis (الإيمان بضع وسبعون شعبة فأفضلها قول لااله إلا الله ...) -
Hadis (قال الله تعالى أنا خير شريك فمن أشرك معي شريكا فهو للشريكي
"أيها الناس اخلصوا أعمالكم لله....) -
Hadis (من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد) Terjemah hadis tentang iman amal yang diterima
Allah SWT. Kandungan hadis tentang iman dan amal yang
diterima Allah SWT. |
Mengamati ·
Mengamati gambar atau tayangan atau kisah
tentang orang Islam yang memiliki keteguhan iman dan beramal sesuai dengan
isi hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT . ·
Mendengarkan bacaan hadis-hadis tentang iman
dari teman atau guru Menanya ·
Dengan
dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan
pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan
hubungan iman dan amalan yang diterima Allah SWT.. ·
Secara berpasangan siswa bertanya tentan
iman dan amalan yang diterima Mengeksplorasi ·
Mencari arti perkata
dari hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT. ·
Secara kelompok menggali informasi tentang isi
kandungan hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT, dari berbagai
sumber; buku literatur, jurnal, ensiklopedi, media
elektronik maupun cetak ·
Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai dengan hadis
tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT. ·
Mencari cara menulis yang benar, hadis
tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. Mengasosiasi · Menghafal hadis tentang
iman dan dan amal yang diterima Allah SWT · Menulis dan menterjemah
hadis tentang iman dan amal yang diterima Allah SWT. · Melakukan diskusi tentang
isi kandungan hadis tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. · Mengidentifikasi perbuatan
yang sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT. ·
Menyusun
kesimpulan kandungan hadis
tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. dengan bimbingan guru. Mengkomunikasikan ·
Menyajikan
paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan hadis- tentang iman dan dan
amal yang diterima Allah SWT. ·
Menangggapi paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan
hadis- tentang iman dan dan amal yang diterima Allah SWT. · Menyajikan
contoh perbuatan yang
sesuai dengan iman dan amal yang diterima Allah SWT. |
Tugas ·
Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang memuat prilaku hidup yang sesuai dengan hadis-
hadis pada materi. Observasi ·
Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan
dalam diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portofolio ·
Membuat
paparan tentang kandungan hadis-hadis pada materi pokok Tes · Tes tulis · Tes lisan . |
3 TM (6 x 40 Jam) |
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya · Buku pegangan siswa Kemenag · Buku Pedoman Guru, Kemenag · Gambar/ video/ multimedia interaktif · Akses Internet yang sesuai
kebutuhan · Sumber lain yg menunjang |
SILABUS PEMBELAJARAN;
AL-QUR’AN HADIS
Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah, Kelas : VII (Tujuh) Semester:
Genap
Kompetensi Dasar |
Indikator Esensi |
Materi Pokok |
Pembelajaran |
Penilaian |
Alokasi waktu |
Sumber Belajar |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
1.1
Meyakini
pentingnya hukum bacaan Qalqalah
dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan 1.2
Menyadari pentingnya sikap tasamuh 1.3
Meyakini pentingnya sikap optimis
dan istiqamah dalam berdakwah 2.1 Memiliki
sikap tasamuh sesuai isi kandungan Q.S. al- Kwfiryn
(109), Q.S. al-Bayyinah (98), dan
hadis tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari 2.2
Terbiasa menerapkan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan 2.3
Memiliki sikap optimis dan istiqamah
dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr
(110) dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
·
Observasi ·
Catatan -Jurnal ·
Penilaian diri ·
Penilaian sejawat ·
Observasi ·
Catatan -Jurnal ·
Penilaian diri ·
Penilaian sejawat |
|
|
3.1
Memahami ketentuan hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98),
al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan 4.1 Mempraktikkan
hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S.
al-Bayyinah(98), al- al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan |
3.1.1 Menyebutkan arti
hukum bacaan Qalqalah 3.1.2 Menjelaskan ciri-ciri
hukum bacaan Qalqalah 3.1.3 Mendiskripsikan cara membunyikan
hukum bacaan Qalqalah 3.1.4 Mengidentifikasi hukum
bacaan Qalqalah 3.1.5 Menyimpulkan cara membaca bacaan Qolqolah 4.1.1 Mempraktekan bacaan Qolqolah |
Hukum bacaan Qalqalah dalam Q.S. al-Bayyinah(98), al-
al- Kwfiryn
(109), dan Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan |
Mengamati · Mengamati penggalan ayat
yang mengandung hukum bacaan qalqalah · Menyimak bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan
qalqalah dengan baik dan benar Menanya · Dengan dimotivasi oleh guru,
peserta didik mengajukan pertanyaan
atau pernyataan yang terkait dengan
hukum bacaan qalqalah · Secara
berpasangan saling bertanya tentang bacaan qalqalah Mengeksplorasi ·
Secara kelompok menggali informasi tentang
pengertian hukum bacaan qalqalah, ketentuan hukum bacaan qalqalah dari
berbagai sumber; buku literatur, jurnal,
ensiklopedi, media elektronik maupun cetak ·
Mencari contoh-contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam
Al-Qur’an, khususnya Q.S. al-Kafirun
dan QS. al-Bayyinah Mengasosiasi ·
Mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang hukum
bacaan qalqalah · Mengidentifikasi hukum bacaan qalqalah yang
ada dalam Q.S. al-Kafirun, QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an. · Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru. Mengkomunikasi
· Mempresentasikan hokum
bancaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an · Menunjukkan contoh hukum bacaan qalqalah yang ada dalam Q.S. al-Kafirun,
QS. al-Bayyinah, dan Surah lainnya dalam Al-Qur’an |
|
|
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya · Buku pegangan siswa Kemenag · Buku Pedoman Guru, Kemenag · Gambar/ video/ multimedia interaktif · Akses Internet yang sesuai
kebutuhan · Sumber lain yg menunjang |
3.2 Memahami
isi kandungan Q.S. al- Kafirun (109), Q.S al-Bayyinah (98) tentang toleransi dan membangun kehidupan
umat beragama dan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim,
Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a. خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم
لجاره dan
hadis riwayat Muslim dari Anas bin Malik والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه 4.2
Mendemonstrasikan sikap tasammuh
(toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai |
3.2.1
Menterjemahkan surah al-Kafirun
3.2.2
Menjelaskan kandungan surah
al-Bayyinah 3.2.3
Menterjemahkan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban, Al-Hakim, Al-Baihaqi
dari Ibnu Umar r.a. 3.2.4
Menjelaskan isi kandungan hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban,
Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a 3.2.5
Menyimpulkan hasil
kajian ayat atau hadis 4.2.1 Mensimulasikan sikap
tasammuh (toleran) dalam membangun kehidupan beragama sesuai |
·
Ayat-ayat Al-Qur’an tentang toleransi -
QS. al-Kafirun (109) -
QS. al-Bayyinah (89) ·
Hadis – hadis tentang toleransi dalam
berte-tangga: - Hadis riwayat Ahmad, At-Tirmzi, Ibnu Hibban,
Al-Hakim, Al-Baihaqi dari Ibnu Umar r.a. خير
الاصحاب عند الله يرهم لصاحبه وخير الجيران عند لله خيرهم لجاره -
Hadis riwayat
Muslim dari Anas bin Malik والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه |
Mengamati · Mengamati gambar, foto,
tayangan vedio atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan
kerukunan dan keharmonisan di masyarakat Menanya · Dengan dimotivasi oleh guru,
peserta didik mengajukan pertanyaan
atau pernyataan yang
terkait dengan toleransi beragama dan keharmonisan di masyarakat · Secara
berpasanangan siswa saling bertanya tentang toleransi beragama dan
keharmonisan di masyarakat Mengexplorasi · Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang kandungan Q.S. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah. · Mencari informasi dari berbagai sumber
tentang terjemahan
kata dan isi kandungan hadis خير الاصحاب عند الله
خيرهم لصاحبه وخير الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه Asosiasi ·
Secara berkelompok mendiskusikan dan merumuskan hasil pencarian informasi tentang kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis : خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه Serta merumuskannya secara tertulis. ·
Mengidentifikasi sikap tasammuh yang sesuai
dengan isi kandungan
QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis : خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه · Menyusun kesimpulan hasil diskusi dengan bimbingan guru. Komunikasi ·
Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan diskusi kelompok tentang isi kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis : خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه ·
Memberikan tanggapan dari papararan tentang isi kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis : خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه ·
Menunjukkan contoh sikap tasammuh yang sesuai dengan isi kandungan QS. al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan
hadis : خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب
لنفسه |
Tugas Membuat dan melaku-kan sosiodrama tentang
sikap toleransi. Observasi · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan
dalam diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portopolio ·
Membuat paparan tentang kandungan QS.
al-Kafirun dan QS. al-Bayyinah dan hadis : خير الاصحاب عند الله خيرهم لصاحبه وخير
الجيران عند الله خيرهم لجاره dan
hadis والذى نفسى بيده
لا يؤمن عبد حتى يحب لجاره مايحب لنفسه Tes · Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian · Tes lisan untuk hafalan
ayat Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri
dan penilaian teman sejawat. |
4 TM (8 x 40 Jam) |
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya · Buku pegangan siswa Kemenag · Buku Pedoman Guru, Kemenag · Gambar/ video/ multimedia interaktif · Akses Internet yang sesuai
kebutuhan · Sumber lain yg menunjang |
3.3. Memahami
isi kan-dungan
Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) tentang problematika dakwah 4.3 Mendemosntrasikan
sikap istikomah Rasulullah SAW dalam menghadapi tantangan kaum kafir, sesuai
isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S an-Nasr (110) |
3.3.1
Menjelaskan arti surah al-Lahab
(111) 3.3.2
Mendiskripsikan isi kandungan surah al-Lahab
(111) 3.3.3
Mengidentifikasi kandungan surah Nasr (110)
problematika dakwah 3.3.4
Menyimpulkan isi ayat al-Qur’an atau hadis tentang
dakwah 3.3.5
Mendiskripsikan sikap istiqomah Rasulullah dalam berdakwah 3.3.6
Mensimulasikan sikap istikomah Rasulullah
SAW dalam berdakwah |
·
Ayat-ayat Al-Qur’an Tentang problematika
dakwah -
QS. al-Lahab -
QS. an-Nasr |
Mengamati ·
Mengamati
gambar atau tayangan atau kisah tentang problematika dan
tangtangan dakwah. ·
Mencermati bacaan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). Menanya ·
Dengan
dimotivasi oleh guru, mengajukan pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait
dengan tantangan dan problematika dakwah ·
Secara berpasangan saling bertanya terkait dengan tantangan dan problematika
dakwah Mengeksplorasi · Menggali informasi dari berbagai sumber
tetang terjemahan kata dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). · Menggali informasi dari berbagai sumber
tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). · Diskusi menyusun arti perkata · Secara berpasangan menghafalkan Q.S.
al- Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). · Secara kelompok Mengasosiasi · Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil terjemahan dari Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). · Mendiskusikan hasil
pengumpulan informasi dari beberapa sumber tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). · merumuskan hasil penggalian informasi
tentang isi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). · Mengidentifikasi sikap istikomah Rasulullah
SAW. dalam berdakwah sesuai isi kandungan Q.S. al-Lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). ·
Menyusun
kesimpulan kandungan ayat dengan bimbingan guru. Mengkomunikasikan · Memaparkan hasil diskusi kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). ·
Menanggapi
paparan kandungan Q.S. al-lahab (111) dan Q.S. an-Nasr (110). ·
Menunjukkan contoh sikap istikomah
Rasulullah SAW dalam berdakwah. |
Tugas ·
Membuat esai terkait biografi tokoh-tokoh penentang
dakwah Observasi · Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan
kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan
dalam diskusi § Kejelasan dan
kerapian presentasi/resume Portopolio ·
Membuat paparan tentang
kandungan
Q.S. al-al-Lahab dan QS. an-Nashr Tes · Tes kemampuan kognitif dengan bentuk pilihan ganda dan uraian ·
Tes Lisan hafalan Q.S. al-Lahab dan QS. an-Nasr Penilaian sikap sosial dan spiritual melalui penilaian diri
dan penilaian teman sejawat. |
3TM (6 x 40 Jam) |
· Mushaf Al-Qur’an dan
terjemahanya · Buku pegangan siswa Kemenag · Buku Pedoman Guru, Kemenag · Gambar/ video/ multimedia interaktif · Akses Internet yang sesuai
kebutuhan · Sumber lain yg menunjang |
Bandung, 17 Juli 2014
TIM PENYUSUN SILABUS
0 Response to " "
Posting Komentar