SILABUS PEMBELAJARAN:
AKIDAH AKHLAK
Mata Pelajaran : AKIDAH AHLAK Satuan pendidikan : Madrasah Tsanawiyah
Kelas :
VII (Tujuh) Semester : Ganjil
KOMPETENSI INTI :
1.
Menghargaidanmenghayatiajaran agama yang
dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahamipengetahuan (faktual,konseptual,
danprosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba,mengolah,dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang
dipelajari di skolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
MATERI POKOK |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU |
SUMBER BELAJAR |
|
1.1. Menghayati
nilai-nilai akidah Islam 1.2. Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT. 1.3.
Menghayati
sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari 1.4.
Menghayati adab salat dan zikir 1.5.
Menghayati
kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. dan umatnya |
|
|
|
Observasi
Penilaian
diri: Penilaian
Sejawat Catatan
Jurnal |
|
|
|
2.1. Menampilkan
perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari 2.2. Menampilkan
perilaku mengimani sifat-sifat wajib Allah
yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah, sifat-sifat mustahil, serta
sifat jaiz Allah SWT. 2.3. Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam kehidupan sehari-hari 2.4. Terbiasa menerapkan adab salat dan zikir 2.5. Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. dan umatnya |
|
|
|
Observasi
Penilaian
diri: Penilaian
Sejawat Catatan
Jurnal |
|
|
|
3.1.Memahami dalil, dasar, dan tujuan akidah Islam 4.1.Menyajikan fakta dan
fenomena kebenaran akidah Islam |
3.1.1. Menjelaskan pengertian akidah Islam 3.1.2. Mengidentifikasi dalil tentang akidah Islam 3.1.3. Menguraikan dasar-dasar akidah Islam 3.1.4.
Menyimpulkan tujuan akidah
Islam 3.1.5.
Membandingkan hubungan
unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan) 4.1.1.Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran
akidah Islam. |
Dalil, Dasar, Dan Tujuan Akidah Islam Fakta
dan fenomena kebenaran Akidah Islam |
Mengamati: ·
Menyaksikan gambar, taangan vedio tentang venomena
kebenaran akidah Islam ·
Membaca dan menyimak ayat tentang akidah Islam Menanya:
·
Secara berpasangan melakukan tanya jawab tentang akidah Islam ·
Menuliskan pertanyaan tentang akidah Islam Mengeksplorasi: ·
Membaca
buku
siswa dan buku sumber
materi tentang akidah Islam ·
Mengakses internet untuk mendapatkan informasi dan
bahan bacaan yang sesuai materi pembelajaran ·
Mendiskusikan
dalil, pengertian,dasar, dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di
dalamnya (iman, islam,dan
ihsan),serta kebenaran akidah Islam Mengasosiasi: ·
Menelaah dan menghubungkan apa yang didapatkan dengan
pengalaman yang dimiliki ·
Merumuskan kesimpulan makna dalil, pengertian,dasar,
dan tujuan akidah islam, unsur-unsur yang ada di dalamnya (iman,islam,dan
ihsan) tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan ·
Membuat
kesimpulan fenomena-fenomena tentang kebenaran akidah Islam Mengkomunikasikan: ·
Presentasi
hasil diskusi dan analisis dalil tentang akidah islam,iman,islam,dan ihsan,dalil dan
hubungan antara satu dan lainnya,serta fenomena-fenomena kebenaran akidah
Islam |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
2-TM (4 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
|
3.2.
Mengidentifikasi
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil
dan jaiz bagi Allah
SWT. 4.2.Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah
SWT |
3.2.1. Menjelaskan pengertian sifat wajib Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah 3.2.2. Mengidentifikasi dalil tentang sifat wajib Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah 3.2.3. Menguraikan pengertian sifat mustahil
bagi Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah 3.2.4. Membandingkan sifat wajib,sifat
jais sifat mustahil Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah 3.2.5. Menyimpulkan
sifat-sifat Allah yang harus dimengerti orang beriman 4.2.1. Menunjukkan
contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari
sifat wajib,mustahil,dan jaiz Allah Swt. |
Sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah,
salbiyah, ma‘ani, dan ma‘nawiyah
beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi
Allah SWT. Contoh fenomena-fenomena kehidupan yang
muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil dan jaiz |
Mengamati
: ·
Mengamati gambar-gambar
dan atau video yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang
berhubungan denga sifat-sifat Allah SWT. ·
Menyimak penjelasan
guru tentang pengertian
sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah, sifat mustahil,dan jaiz
Allah SWT. Menanya: ·
Melakukan tanya jawab
tentang maksud dan makna yang terkandung dalam gambar-gambar dan atau video
yang berhubungan dengan fenomena-fenomena alam yang berhubungan denga
sifat-sifat Allah SWT. ·
Menanyakan ulang tentang pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani
dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT. Mengeksplorasi
: ·
Membaca dari berbagai sumber materi tentang sifat-sifat Allah SWT.
Beserta dalil-dalilnya ·
Mendiskusikan pengertian,contoh orang yang mengimani pengertian sifat wajib Allah yang
nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah,sifat mustahil,dan jaiz Allah SWT. ·
Menggali dari berbagai sumber/media tentang fenomena-fenomena
kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah SWT. Mengasosiasi: ·
Saling mencocokkan rumusan tentang
pengertiansifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah ·
Membuat peta konsep tentangpembagian sifat wajib Allah yang nafsiyah
salbiyah,ma’ani dan maknawiyah ·
Menyimpulkan contoh-contoh perilaku orang yang mengimani sifat-sifat
Allah SWT. ·
Menyimpulkan
fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat-sifat Allah
SWT. Mengkomunikasikan: ·
Mempresentasikan /menyajikan
contoh
tentang fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat
wajib, mustahil dan jaiz |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
4-TM (4 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
|
3.3.
Memahami pengertian, contoh, dan dampak positif sifat ikhlas, taat,
khauf, dan tobat 4.3.
Menceritakan
kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan
tobat dalam fenomena kehidupan |
3.3.1.Menjelaskan pengertian ikhlas beribadah 3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang taat beribadah 3.3.3. Menganalisis contoh khauf, 3.3.4. Mendiskripsikan dampak positif tobat 3.3.5.Mengevaluasi perilaku ikhlas 4.3.1.
Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan
dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan tobat dalam kehidupan sehari-hari |
Pengertian,contoh dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat. Kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak
positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan tobat dalam fenomena kehidupan |
Mengamati : ·
Mendengar
penjelasan guru tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat ·
Mengamati contoh
gambar/video
tentang Akhlak Terpuji Menanya ·
Melakukan tanya jawab pengertian ikhlas, taat,
khauf, dan tobat ·
Melakukan tanya jawab maksud dari gambar/video tentang
akhlak terpuji Mengeksplorasi: ·
Menggali
informasti tentang pengertianikhlas, taat, khauf, dan tobat ·
Berdiskusi
tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat Mengasosiasi: ·
Tukar informasi tentang cara melakukan ikhlas, taat, khauf, dan tobat ·
Membuat
peta konsep tentang pengertiansifat ikhlas, taat, khauf, dan tobat Mengkomunikasikan ·
mempresentasikan
/menyajikan hasil diskusi tentang pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
|
3.4.
Memahami adab salat dan zikir 4.4.
Mensimulasikan adab salat dan zikir |
3.4.1.Menjelaskan
pengertian adab salat 3.4.2 Mengidentifikasi dalil tentang adab salat 3.4.3 Menganalisis adab-adab salat 3.4.4 Mendiskripsikan
ada- adab berdzikir 3.4.5.Mengevaluasi perilaku orang yang
mengamalkan adab sholat/dzikir 4.4.1
Mempraktikkan adab salat/zikir |
Adab Salat Dan Zikir |
Mengamati: ·
Menyimak penjelasan guru tentang adab salat dan
zikir mengamati adab salat dan zikir dengan video visual Menanya: ·
Menanyakan
ulang tentang adab salat dan zikir ·
Melakukan
tanya jawab terkait dengan materi adab salat dan zikir Mengeksplorasi: ·
Menggali
informasi
tentang adab salat ·
berdiskusi
tentang adab salat dan zikir Mengasosiasi: ·
Mengaitkan
apa yang diperoleh dan penjelasan guru. ·
Menyimpulkan hasil diskusi tentang adab dandzikir Mengkomunikasikan: ·
Mempresentasikan/menyajikan
konsep hasil diskusi ·
Mempraktikkan adab salat dan zikir |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
|
3.5.
Menganalisis kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya 4.5 Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan
umatnya |
3.5.1. Menjelaskan kisah keteladanan Nabi Sulaiman
a.s. 3.5.2. Mengidentifikasi hikmah
kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s. 3.5.3. Menganalisis
isi kisah keteladanan nabi Sulaiman
a.s. 3.5.4. Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s. 3.5.5. Menyimpulkan
isi kisah keteladanan nabi Sulaiman
a.s. 4.5.1. Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan
Nabi Sulaiman a.s. |
Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya |
Mengamati: ·
Memperhatikan
tayangan kisah Nabi Sulaiman dan umatnya Menanya: ·
Memberi
umpan balik tentang kisah Nabi Sulaiman dan umatnya tersebut Eksplorasi: ·
Menggali
informasi
tentang adab salat dan doa melalui buku sumber,majalah, internet,
lingkungan ·
Mendiskusikan
keteladanan Nabi Sulaiman ·
Mengidentifikasi
keteladanan kisah Nabi Sulaiman Mengasosiasikan: ·
Menyimpulkan contoh-contoh keteladanan nabi Sulaiman
a.s. dari kisah-kisah yang dibaca Mengkomunikasikan: ·
Menceritakan contoh keteladanan nabi Sulaiman a.s. |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
|
SILABUS MATA PELAJARAN: AKIDAH AKHLAK
Satuan Pendidikan: Madrasah Tsanawiyah,
Mata Pelajaran: AKIDAH AKHLAK, Kelas/Smt: VII/
Genap
KOMPETENSI DASAR |
INDIKATOR |
MATERI |
KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PENILAIAN |
ALOKASI WAKTU |
SUMBER BELAJAR |
1.1.
Meyakinisifat-sifat
Allah SWT. melalui al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) 1.2.
Meyakiniadanya
malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan 1.3.
Menolak
akhlak tercela riya’ dan nifaq 1.4.
Menghayati
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa 1.5.
Menghayati
keteladanan Ashabul Kahfi |
|
|
|
Observasi
Penilaian
diri: Penilaian
Sejawat Catatan
Jurnal |
|
|
2.1. Meneladani
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) 2.2. Memilikiperilaku
beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis,
dan setan dalam fenomena kehidupan 2.3.Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan
nifaq 2.4.Terbiasa menerapkan adab membaca Al-Qur’an dan adab
berdoa 2.5.Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi |
|
|
|
Observasi
Penilaian
diri: Penilaian
Sejawat Catatan
Jurnal |
|
|
3.1.
Menguraikan al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) 4.1.
Menyajikan
fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) |
3.1.1 Menyebutkan 9 nama asmaul Husna 3.1.2
Menjelaskan arti masing-
masing
asmaul Husna 3.1.3
Menunjukkan dalil tentang
masing-masing sub asmaul Husna 3.1.4
Mendiskripsikan manfaat perilaku
meneladani asmaul husna. 3.1.5
Menyimpulkan pelajaran baik
dari asmaul
husna 4.1.1 Menyajikan
fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, yang terkait dengan
penerapan asmaul Husna. |
·
Nama-nama asmaul Husna ·
Pengertian asmaul husna ·
Dalil naqli dan aqli tentang asmaul husna |
Mengamati: ·
memperhatikan dan mengamati gambar yang berkaitan
dengan materi Menanya: ·
bertanya,
dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar
yang berkaitan dengan asma’ al Husna ·
Membaca atau
membuka wawasan tentang sifat dan nama Allah SWT(al-‘Azrz, al-Gaffwr,
al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) Eksplorasi: ·
Mencari dan menemukan sumber belajar, menganaalisis,
menalar,
dengan mencari kisah-kisah atau fenomena yang menggambarkan nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) Mengasosiasikan: ·
Saling tukar informasi tentang nama Allah al-asmw' al-pusnw (al-‘Azrz, al-Gaffwr, al-Bwsih, an-Nwfi’, ar-Ra’yf, al-Barr, al-Fattwp, al-‘Adl, al-Qayyym) ·
Menyimpulkan informasi tentang
nama Allah Mengkomunikasikan: ·
Mempresentasikan tentang fenomena, fakta atau
bercerita tentang peristiwa, fenomena
atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sub asmaul Husna. |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
3.2.
Mendeskripsikan
tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan 4.2.
Menyajikan
kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan
makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan |
3.2.1 Menjelaskan dalil-dalil
yang terkait dengan malaikat 3.2.2.Menganalisis
tugas-tugas Malaikat 3.2.3. Mengidentifikasi
sifat-sifat Malaikat 3.2.4.Mengidentifikasi
karakteristik makhluk ghaib lainya 3.2.5.Menyimpulkan
tatacara menjaga diri agar terhindar dari pengaruh makhluk ghoib 4.2.1.
Mempresentasikan karakteristik
makhluk hgoib seperti jin,
iblis, dan setan |
· Pengertian
tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta mahluk ghaib · Kisah-kisah
dalam
fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain lainnya, seperti jin, iblis, dan setan |
Mengamati: ·
Mengamati gejala alam untuk memberi bekal tentang
hal-hal yang bersifat gaib seperti peristiwa angin, perilaku orang yang
melakukan larangan Allah Menanya: ·
Saling bertanya tentang malaikat, makhluk gaib dan bagaimana mempercayai hal-hal yang
gaib Mengeksplorasi: ·
Menggali informasi tentang tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan Mengasosiasikan: ·
Saling tukar informasi tentang tugas dan sifat-sifat
malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis, dan setan Mengkomunikasikan: ·
Mempresentasikan antar kelompok tentang tugas dan
sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya, seperti jin, iblis,
dan setan |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
3.3.
Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq 4.3.
Mensimulasikan
contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan
sehari-hari |
3.3.1.Menjelaskan pengertian
riya 3.3.2.Menjelaskan pengertian
nifaq 3.3.3. Mengidentifikasi akhlak
tercela riya’ dan nifaq 3.3.4. Menganalisis
pengaruh negatif riyak dalam kehidupan 3.3.5. Menyimpulkan hikmah
menghindari akahlak negatif 4.3.1.Mensimulasikan contoh
perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari |
· Pengertian
akhlak riya dan nifaq · Ciri-ciri
riya’ · Ciri-ciri
nifaq · Cnth
riya dan nifaq |
Mengamati: ·
Gejala prilaku akhlak tercela riya’ dan nifaq Menanya; ·
Memberi tanggapan
praktik perilaku dalam kehidupan sehari-hari tentang ahlak tercela
riya’ dan nifaq Mengeksplorasi: ·
Menggali informasi tentang akhlak tercela riya’ dan
nifaq Mengasosiasikan: ·
Saling tukar informasi dalam mengelompokkan akhlak
tercela riya’ dan nifaq ·
Mengkomunikasikan: Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya
dalam kehidupan sehari-hari |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
3.4.
Memahami adab
membaca Al-Qur’an dan adab berdoa 4.4.
Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
3.4.1. Menjelaskan adab membaca al-Qur’an 3.4.2.Mengidentifikasi dalil tentang adab
membaca al-Qur’an 3.4.3.Menganalisis jenis- jenis adab
membaca al-Qur’an 3.4.4.Mendiskripsikan adab berdoa yang
dianjurkan Nabi 3.4.5. Menyimpulkan hikmah mengamalkan
adab berdoa 4.4.1.Mempraktikkan
adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
Tata
cara Adab Membaca Al-Qur’an dan Adab berdoa |
Mengamati: ·
Mencermati beberapa gambar tentang adab membaca
al-Qur’an dan adab berdoa Menanya; ·
Memberi tanggapan tentang adab membaca al-Qur’an dan
adab berdoa Mengeksplorasi ·
Menggali informasi tentang adab membaca Al-Qur’an dan
adab berdoa Mengasosiasikan: ·
Mengidentifikasi persamaan atau perbedaan tentang adab
membaca Al-Qur’an dan adab berdoa ·
Menyimpulkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa Mengkomunikasikan: ·
Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
2 TM (4 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
3.5.
Menganalisiskisah
keteladanan Ashabul Kahfi 4.5.
Menceritakan
kisah keteladanan Ashabul Kahfi |
3.5.1. Menjelaskan kisah Ashabul Kahfi. 3.5.2. Mengidentifikasi hikmah
kisah Ashabul Kahfi 3.5.3. Menganalisis
isi kisah keteladanan Ashabul
Kahfi. 3.5.4. Mengevaluasi contoh orang/tokoh yang meneladani Ashabul Kahfi. 3.5.5. Menyimpulkan
isi kisah keteladanan Ashabul
Kahfi. 4.5.2. Menyajikan cuplikan kisah menarik
keteladanan Ashabul
Kahfi |
Kisah
keteladanan Ashabul Kahfi |
Mengamati: ·
Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi Menanya: ·
Memberi tanggapan tentang kisah yang dibaca tentang
Membaca buku tentang kisah keteladanan Ashabul Kahfi Mengeksplorasi: ·
Menggali
informasi tentang cerita keteladanan Askahbul Kahfi Mengasosiasikan: ·
Menyusun cerita secara sistematis tentang kisah
keteladanan Askahbul Kahfi ·
Membuat resume tentang kisah keteladanan Askahbul Kahfi Mengkomunikasikan: ·
Menceritakan secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi |
Tugas · Mengumpulkan gambar/ berita/ artikel yang sesuai
materi ajar Observasi ·
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat: §
Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh §
Keaktifan dalam diskusi §
Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta
contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan |
3 TM (6 x 40) |
·
Buku pegangan
siswa mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku pedoman
guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII, ·
Buku Ensiklopedi Islam,
·
Al-Quran dan Tafsir, ·
Lingkungan alam yang mendukung ·
Akses internet yang mendukung |
Bandung,
17 Juli 2014
Tim
Penyusun Silabus
0 Response to " "
Posting Komentar