ARTI KATA ILMU - . -->

ARTI KATA ILMU


ARTI KATA ILMU


اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ لِلَّهِ جَعَلَ اْلعِلْمِ نُوْرِ اْلمـُبِيْنَ – هُدًى لِلنَّاسِ لِلْعَالَمِيْنَ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ – وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. اما بعد
Adalah Nabi Sulaiman AS. oleh Allah ditawari ilmu atau kerajaan yang kokoh, tetapi Nabi Sulaiman dengan mantap memilih ilmu. Sebagaimana dikisahkan oleh Ibnu Abbas RA.
خَيِّرَ سُلَيْمَانُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ بَيْنَ اْلعِلْمِ وَاْلمـُلْكِ فَاخْتَارَ اْلعِلْمَ فَأُعْطِيَ اْلعِلْمَ وَاْلمـُلْكَ
“Ketika Nabi Sulaiman disuruh memilih antara ilmu dan kerajaan secara yakin beliau memilih ilmu, namun dalam kenyataan beliau disamping menerima ilmu juga kerajaan”.

Saudara hadirin yang berbahagia,
Ilmu adalah sarana mencapai sukses, dengan ilmu manusia dapat meraih segala cita-citanya.
Ulama’ hikmah berkata ilmu terdiri dari 3 huruf yaitu:
1.    ع (‘ain) عِلِّيِّيْنَ artinya tempat tertinggi.
2.     ل(lam)  لَطِيْفٌartinya halus, tenang atau pemurah.
3.    م (mim)  مُلْكٌartinya kerajaan.

Jadi orang yang berilmu itu akan terangkat derajatnya ke tempat yang tinggi dan berwatak halus, tenang dan berjiwa pemimpin sehingga dapat menjadi penguasa.

Saudaraku senasib dan sepenanggungan,
Bukalah jendela dunia dengan ilmu, singkaplah pintu dunia dengan ilmu. Bahkan pintu surga pun harus kita buka dengan ilmu. Apalah artinya ibadah kita dikerjakan tanpa ilmu. Bagaimana sah shalat kita bila wudlunya tidak benar.
Misalnya wudlu dimulai dari basuh kaki, lalu mengusap kepala, terus telinga, kok terakhir membasuh wajah. Ini berarti wudlunya tidak tertib alias tidak berurutan. Alhasil wudlunya tidak sah otomatis shalatnya juga tidak sah. Kacau Dech!
Makanya surga-pun harus menggunakan kunci. La... kuncinya adalah ilmu.

Ya... semoga kita tergolong orang pencari ilmu yang sejati. Amin

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.

0 Response to "ARTI KATA ILMU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel