BERTOBATLAH KEPADA ALLAH - . -->

BERTOBATLAH KEPADA ALLAH


BERTOBATLAH KEPADA ALLAH

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.
اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي اَخْرَجَنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ – وَاَمَرَنَا بِأَنْ تُقَاطِعَ اَهْلُ اْلفُسُقَ وَاْلفُجُوْرِ- اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ. اَمَّابَعْدُ

Ayyuhal Hadirun Rahimakumullah,
Setiap anak cucu Adam tidak akan pernah terlewatkan dari lupa dan salah. Kesalahan yang kita perbuat adalah dosa. Manusia yang dicintai oleh Allah yaitu manusia yang berdosa dan mau bertobat dari perbuatan dosanya.
Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim, bahwa Rasulullah bersabda: “Sungguh Allah itu lebih gembira dengan taubat hamba-Nya dari pada (kegembiraan) seorang diantara kamu yang menemukan ontanya setelah ia menghilang dihamparan tanah yang luas tanpa air dan tumbuhan”.

Saudara...! Siapa orangnya yang tidak pernah berbuat dosa, apalagi kita yang hidup pada jaman yang sangat maju ini, maksiat tidak perlu dicari di dalam kamarpun dosa dan maksiat mendatangi. Ingin tahu contohnya? Coba perhatikan bagi pemilik hp, minimal buat smsan dan mesra-mesraan. Apalagi bagi orang yang suka mengaplaud atau download atau browser gambar atau film seronok. Masya Allah? Apa tidak dosa?

Oleh sebab itu saudara jangan lupa segeralah bertobat mohon ampunan kepada Allah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Firman Allah Surat Al-Ma’idah 39.
`yJsù z>$s? .`ÏB Ï÷èt/ ¾ÏmÏHø>àß yxn=ô¹r&ur  cÎ*sù ©!$# ÛUqçGtƒ Ïmøn=tã 3 ¨bÎ) ©!$# Öqàÿxî îÏm§ ÇÌÒÈ  
“Maka Barangsiapa bertaubat (di antara pencuri-pencuri itu) sesudah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, Maka Sesungguhnya Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Hadirin Hadirat yang berbahagia,
Syekh Muhammad bin Abu Bakar dalam kitabnya “Al-Mawa’idul Usfuriyah” menceritakan “Suatu hari datanglah seorang wanita kepada Nabi SAW.” Katanya: “Tobatlah kepada Allah”. Jawab Rasulullah. Wanita itu berkata “Ya Rasulullah bumi telah mengetahui bahwa aku berbuat dosa, bumi akan menjadi saksi di hari kiamat”. Rasulullah menjelaskan “Ia tak kan menjadi saksi. Allah berfirman”:
tPöqtƒ ãA£t7è? ÞÚöF{$# uŽöxî ÇÚöF{$# (ابراهيم: 47)
(yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain”

“Tetapi langit juga tahu Ya Rasulullah, ia akan jadi saksi di saat kiamat” sengah wanita tadi. Rasulullah menjawab “Langit besok dilipat”.
يَوْمَ تَطْوِى السَّمَاءَ كَطَتِى السِّجْلِ لِلْكُتُبِ
“Hari itu kami melipat langit seperti melipat lembaran kitab-kitab”

Perempuan ini sungguh bawel, ia masih saja bertanya: “Tetapi malaikat pencatat amal telah menulis dosaku dalam kitab?”. Rasulullah menjawab:
اَلتَّائِبُ مِنَ الذَّنْبِ كَمَنْ لاَ ذَنْبَ لَهُ
“Orang yang bertobat seperti orang yang tidak punya dosa”

“Tetapi para malaikat berhenti saat menyaksikan amal-amal burukku Ya Rasulullah?”. Rasulullah menjawab: “Sesungguhnya Allah SWT. menjadikan lupa para malaikat pencatat amal di hari kiamat”.
Lalu wanita itu membacakan ayat Al-Qur’an Surat An-Nur 24:
tPöqtƒ ßpkôs? öNÍköŽn=tã öNßgçFt^Å¡ø9r& öNÍk‰Ï÷ƒr&ur Nßgè=ã_ör&ur $yJÎ/ (#qçR%x. tbqè=yJ÷ètƒ ÇËÍÈ  
“Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.”

Nabi SAW. Menjawab: “Allah berfirman kepada bumi dan seluruh anggota tubuhnya: “Sembunyikanlah! Jangan engkau ungkapkan kejelekan selamanya”.


Saudara, ibu, bapak yang saya hormati,
Dari kisah tadi dapat kita simpulkan bahwa hamba Allah yang terjerumus kepada perbuatan dosa pasti diampuni oleh Allah, asalkan tobatnya bukan kapok lombok artinya habis tobat mengulangi kesalahan yang sama. Berarti tobatnya “Taubatan Nasuha”. Itu yang pertama. Adapun yang kedua, tobatnya dilakukan dalam keadaan sehat belum tercabut nyawanya.
عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ اِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقْبَلُ تَوْبَةَ اْلعَبْدِ مَالَمْ يُغَرْغِرْ (رواه الترميدى)
“Dari Nabi SAW. bersabda: “Sesungguhnya Allah menerima tobat seorang hamba selama ruhnya belum sampai pada kerongkongannya”.

Akhirnya semoga salah dan dosa kita diampuni oleh Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.

وَاللَّهُ اْلعَوْفِ وَالتَّوْفِيْقِ وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُه

0 Response to "BERTOBATLAH KEPADA ALLAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel