TIGA CARA DATANGNYA PETUNJUK ALLAH - . -->

TIGA CARA DATANGNYA PETUNJUK ALLAH

TIGA CARA DATANGNYA PETUNJUK ALLAH
 OLEH : Dr. KH Irfan Aziz, M.Ag
Pengasuh Pondok Pesantren Al Hayatul Islamiyah Kota Malang


اَلنُّوْرُ لَهُ اْلكَشْفُ. وَاْلبَصِيْرَةُ لَهُ اْلحُكْمُ. وَاْلقَلْبُ لَهُ اْلاِقْبَلُ وَاْلاِدْبَارُ
“Tugas cahaya menyingkap tabir, tugas mata batin menetapkan hukum, sedangkan tugas hati menghadapi atau membelakangi”.

Para pembaca yang berbahagia,
Ada tiga macam petunjuk yang didatangkan oleh Allah kepada manusia yaitu :
Pertama, Melalui Nurullah cahaya Allah, petunjuk ini bertugas untuk menyingkap rahasia Allah yang bersifat penting, cahaya Allah bila sudah turun kepada hambanya pasti akan mampu membedakan taat dengan maksiat

Hamba yang salik makrifatullah pasti paham betul apa dan bagaimana tugas yang dilakukan untuk memenuhi ridha Allah selalu membimbingnya, karena sifat pasrah dan tawakkalnya luar biasa. Firman Allah Surat At-Taubah 59 :

“Jikalau mereka sungguh-sungguh ridha dengan apa yang diberikan Allah dan RasulNya kepada mereka, dan berkata: "Cukuplah Allah bagi Kami, Allah akan memberikan sebagian dari karunia-Nya dan demikian (pula) Rasul-Nya, Sesungguhnya Kami adalah orang-orang yang berharap kepada Allah," (tentulah yang demikian itu lebih baik bagi mereka).”

Kedua, Petunjuk Allah datang melalui mata batin, tugas mata batin adalah untuk melihat dan menerima hidayah petunjuk Allah yang tidak mampu ditangkap melalui mata kepala karena adanya keterbatasan ruang dan gerak.

Banyak manusia tidak mampu melihat sifat Rahman dan Rahimnya Allah, karena menggunakan mata kepala yang terbatas. Keadaan mendung dan sekat membuat mata kepala ini sangat terbatas fungsi dan kegunaannya. Untuk menyingkap tabir rahasia Allah harus bermukasyafah menggunakan mata batin dengan cara riyadhah dan mujahadah.

Mata batin harus diajak mengembara jauh dan terbang tinggi melewati sekat-sekat cahaya kegelapan dan melampaui gelapnya mendung-mendung yang menghadang. Cahaya gelap dan mendung itulah gambaran bintik dan ronak dosa yang selalu kita lakukan dihadapan Allah swt. sebagaimana Allah berfirman Surat Al-Tahrim ayat 4 :
 “Jika kamu berdua bertaubat kepada Allah, Maka Sesungguhnya hati kamu berdua telah condong (untuk menerima kebaikan); dan jika kamu berdua bantu-membantu menyusahkan Nabi, Maka Sesungguhnya Allah adalah Pelindungnya dan (begitu pula) Jibril dan orang-orang mukmin yang baik; dan selain dari itu malaikat-malaikat adalah penolongnya pula.”

Yang ketiga, Petunjuk Allah datang melalui hati. Tugas hati sebagai penyeleksi dan memilih mana yang akan diambil dari berbagai macam pilihan. Hati mau taat atau mau maksiat. Sifat hati selalu berubah-ubah, makanya Rasulullah menganjurkan selalu menjaga hati, bahkan ketika shalat kita dianjurkan memohon kepada Allah agar selalu diteguhkan.
يَا مُقَلِّبَ اْلقُلُوْبُ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِيْنِكَ وَطَاعَطِكَ
”Wahai Tuhan Dzat yang membolak-balikkan hati, teguhkanlah! Hati kami pada agama-Mu dan taat kepada-Mu”.

Jadi kedudukan hati itu selalu bergandengan dengan mata hati, jika mata hatinya dapat melihat maka ia akan taat kepada Allah. Sebaliknya bila mata hatinya buta, maka ia tidak punya malu dan tidak berperasa. Walau punya mata ia tidak dapat melihat, telinga-pun menjadi tuli. Kematian hati lebih berbahaya dari pada kematian yang sebenarnya.

Semoga hati kita selalu mendapatkan hidayah yang dapat menghantarkan kita kepada ketaatan dan mencapai derajat makrifatullah dalam ridha-Nya. Amin Ya Rabbal Alamin



 DAFTAR PUSTAKA

1.     Kitab Al-Hikam, Ibnu Athaillah Al-Assakandary.
2.     Kitab Al-Hikam, Terjemahan bahasa jawa, Misbah bin Zaini Musthofa.
3.     Percikan Samudra Hikam, Muhammad Luthfi Ghozali.
4.     Al-Hikam Rampai Hikmah, Ibnu Athaillah, Syehk Fadhalla Haeri.
5.     Al-Qur’an Tafsir Perkata, Al-Hidayah.
6.     Shahih Bukhori, Percetakan Al-Hidayah.
7.     Shahih Muslim, Percetakan Al-Hidayah.
8.     Mutu Manikam dari Kitab Hikam, Ikhtisar Abu Hakim dan Kartowiyono, Lc.
9.     Himpunan Dalil dalam Al-Qur’an dan Hadits, Ahmad Muhammad Yusuf, Lc.

0 Response to "TIGA CARA DATANGNYA PETUNJUK ALLAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel